Penulis Utama : Haris Setyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : 198407152014041001
Tahun : 2015
Judul : Keselamatan Kerja Karyawan Industri Batik di Kabupaten Sragen
Edisi : Volume XXXXVIII No. 4 Oktober-Desember 2015
Imprint : Jakarta - Majalah Keselamatan Kerja dan Hiperkes - 2015
Kolasi : 10 hal.; 29 cm
Sumber : Majalah Keselamatan Kerja dan Hiperkes (Occupational Health and Safety)
Subyek : KESELAMATAN KERJA DAN HIPERKES
Jenis Dokumen : Artikel Jurnal Non UNS
ISSN : 0854-2856
ISBN :
Abstrak :

Keselamatan kerja adalah keselamatan yang berkaitan dengan mesin, pesawat, alat kerja bahan dan proses pengolahan, landasan kerja, dan lingkungan kerja serta cara-cara melakukan pekerjaan dan proses produksi (Tarwaka, 2012). Industri batik merupakan salah satu sektor usaha yang mengandung potensi dan faktor bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja. Berdasarkan survey awal didapatkan 3 dari 10 industri batik di sragen belum menerapkan praktik keselamatan kerja dengan baik dan benar sehingga sering terjadi kecelakaan akibat kerja.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keselamatan kerja pada karyawan industri batik di Kabupaten Sragen. Jenis penelitian ini menggunakan explanotry research, metode yang digunakan adalah survey dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan jumlah 117 responden. Analisa data menggunakan analisa univariat dengan crosstab, analisa bivariat dengan chi square dan analisa multivariat dengan regresi logistic.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara umur (p value 0,041), masa kerja (p value 0,0001), pelatihan (p value 0,0001), status perkawinan (p value 0,0001) dengan praktik keselamatan kerja, dan variabel pendidikan dan jenis pekerjaan tidak berhubungan dengan praktik keselamatan kerja.


Kata Kunci : Faktor Pengaruh, Praktik Keselamatan Kerja, Karyawan Batik

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Dokumen : haris setyawan.pdf
Link Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum : Diterbitkan oleh : Direktorat Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia
Fakultas : Fak. Kedokteran