Penulis Utama : Yassin Oki Purbayanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G.0012233
Tahun : 2016
Judul : Perbandingan kualitas pelayanan dari perspektif pasien pada persalinan normal dan sectio cesarea di rumah sakit pku muhammadiyah Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G.0012233-2016
Subyek : PERSALINAN NORMAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: Perbedaan indikasi, prosedur tata laksana, dan perawatan pascapersalinan antara persalinan normal dan sectio cesarea memunculkan perbedaan kualitas pelayanan dari perspektif pasien. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kualitas pelayanan dari perspektif pasien pada persalinan normal dan sectio cesarea di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.
Metode: Penelitian ini berjenis analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Responden diambil secara consecutive dengan teknik quota sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi dari ibu yang menjalani perawatan pascapersalinan di Bangsal Annisa Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta (n=97). Kualitas pelayanan dari perspektif pasien yang dinilai menggunakan skoring Quality Impact (QI) sebagai variabel dependen dan metode persalinan sebagai variabel independen. Kemudian, keduanya dianalisis menggunakan uji Mann - Whitney. Variabel lain yang kemungkinan mempengaruhi kualitas pelayanan dari perspektif pasien seperti kelas perawatan, metode pembayaran, dan indikasi persalinan dianalisis menggunakan uji regresi linier ganda. Masing – masing dimensi kualitas pelayanan antar metode persalinan juga dianalisis menggunakan uji Mann – Whitney.
Hasil: Uji Mann – Whitney memberikan hasil bahwa kualitas pelayanan dari perspektif pasien antara persalinan normal dan sectio cesarea tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p=0,064). Uji regresi liner ganda menunjukkan metode pembayaran dapat mempengaruhi kualitas pelayanan dari perspektif pasien (p=0,012). Uji post hoc dengan Mann - Whitney pada metode pembayaran menunjukkan pasien yang membayar dengan user fee menilai paling baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit dibandingkan dengan pasien yang membayar menggunakan BPJS maupun asuransi swasta. Pada analisis masing - masing dimensi kualitas pelayanan diketahui bahwa dimensi perawatan berkelanjutan antara persalinan normal dan sectio cesarea terdapat perbedaan yang signifikan (p=0,013).
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kualitas pelayanan dari perspektif pasien antara persalinan normal dan sectio cesarea di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.
Kata Kunci: kualitas pelayanan dari perspektif pasien, persalinan normal, sectio cesarea

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
02.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ari Natalia Probandari, dr., MPH, PhD
2. Zulaika Nur Afifah, dr., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran