Penulis Utama : Argya Setya Wimala
NIM / NIP : K5611016
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh latihan shootingsecara terusdenganlatihan shooting secara bergiliran terhadap kemampuan shooting (freethrow)dalam permainan bola basket pada siswa putra ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Surakarta tahunpelajaran 2015/2016; (2) Latihan yang lebih baik pengaruhnya antara metode latihan shooting secara terus menerus denganmetode latihan shootingsecara bergiliran terhadap kemampuan shooting (freethrow)dalam permainan bola basket pada siswa putra ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Surakarta tahunpelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa putra ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 33 orang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunaka metode purposivesampling,di mana peneliti dalam memilih sampel dengan pertimbangan tertentu untuk ditetapkan sebagai anggota sampel.Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data kemampuan shooting (freethrow)bola basket. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan shooting (freethrow)bola basket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan dengan melalui uji prasyarat yaitu uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas dengan taraf signifikansi 5 %.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh simpulan sebagai berikut: (1)Ada perbedaan pengaruh antaralatihanshooting secara terus menerus denganlatihan shootingsecara bergiliran terhadap kemampuan shooting (freethrow)dalam permainan bola basket pada siswa putra ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Surakarta tahunpelajaran 2015/2016, dengan thitung = 5,118 > ttabel = 2,048;(2) Metode latihan shootingsecara bergiliranmemberikan pengaruh yang lebih baik di bandingkan dengan metode latihan shooting secara terus menerus dalam meningkatkan kemampuanshooting(freethrow) bola basket pada siswa putra ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016,dengan peningkatan latihan shooting secara bergiliran= 86,25 % >latihan shooting secara terus menerus = 42,91 %.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapatperbedaan pengaruh antara latihan shooting secara terus menerus dengan secara bergiliranterhadap kemampuan shooting (freethrow) dalam permainan bola basket pada siswa putra ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016; (2) Metode latihan shootingsecara bergiliranmemberikan pengaruh yang lebih baik di bandingkan dengan metode latihan shooting secara terus menerus dalam meningkatkan kemampuanshooting(freethrow) bola basket pada siswa putra ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: Kemampuanshooting(freethrow) bola basket, metodelatihan shooting secara terus menerus, metodelatihan shootingsecara bergiliran

×
Penulis Utama : Argya Setya Wimala
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5611016
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Pengaruh Latihan Shooting Secara Terus Menerus dengan Secara Bergiliran Terhadap Kemampuan Shooting (Freethrow) dalam Permainan Bola Basket pada Siswa Putra Ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K5611016-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Wijanarko, M.Kes
2. Drs. Muh. Mariyanto, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
View My Stats