Penulis Utama : Okky Indera Pamungkas
NIM / NIP : A121408007
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : hubungan baik secara tunggal maupun berganda antara variabel fleksibilitas, kecepatan, rasio panjang tungkai, tinggi badan, kekuatan, dan koordinasi mata-kaki dengan kemampuan tendangan dollyo chagi dan berapa sumbangan dari masing-masing variabel tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dengan teknik analisis korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UKM taekwondo UNY. Sampel penelitian adalah 30 mahasiswa putra. Variabel penelitian ini terdiri dari lima variabel bebas fleksibilitas, kecepatan, rasio panjang tungkai, tinggi badan, kekuatan, dan koordinasi mata-kaki. Variabel terikat yaitu kemampuan tendangan dollyo chagi taekwondo. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dengan melakukan pengujian reliabilitas, normalitas, linieritas, korelasi parsial, koefisien korelasi, analisis regresi, uji F, dan koefisien determinasi, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari masing-masing variabel koordinasi mata-kaki, fleksibilitas, kekuatan, kecepatan, dan rasio panjang tungkai dan tinggi badan. Memiliki hubungan baik secara tunggal kecuali koordinasi mata-kaki. Sedangkan, sedangkan secara berganda semua variabel mempunyai hubungan signifikan.
Sumbangan relatif masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat sebagai berikut : koordinasi mata-kaki sebesar 2.74% , fleksibilitas 41.87 %, kekuatan 9.31%, kecepatan 31.27%, rasio panjang tungkai dan tinggi badan 14.81%. Sedangkan sumbangan efektif masing masing variabel bebas terhadap variabel terikat sebagai berikut : koordinasi mata-kaki sebesar 1.93% , fleksibilitas 29.45%, kekuatan 6.55%, kecepatan 22.00%, rasio panjang tungkai dan tinggi badan 10.42%. Sehingga total sumbangan efektif sebesar 70.34%. Dalam meningkatkan kemampuan tendangan dollyo chagi hendaknya harus meningkatkan komponen kondisi fisik yang terdiri dari fleksibilitas, kecepatan, rasio panjang tungkai, tinggi badan, kekuatan, dan koordinasi mata-kaki sesuai tuntutan cabang olahraga taekwondo.
Kata Kunci : kemampuan tendangan dollyo chagi ditinjau dari fleksibilitas, kecepatan, rasio panjang tungkai, tinggi badan, kekuatan, dan koordinasi mata-kaki

×
Penulis Utama : Okky Indera Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121408007
Tahun : 2016
Judul : Prediksi Kemampuan Tendangan Dollyo Chagi Taekwondoin Ditinjau dari Fleksibilitas, Kecepatan, Rasio Panjang Tungkai, Tinggi Badan, Kekuatan, dan Koordinasi Mata-Kaki
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Jur. Ilmu Keolahragaan-A121408007-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr., AIFO
2. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.