Penulis Utama : Umar
NIM / NIP : A121508056
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) variabel antropometri (tinggi badan, berat badan, panjang tungkai, panjang telapak kaki, lebar telapak kaki) manakah yang menentukan prestasi atlet futsal, (2) variabel kondisi fisik (kecepatan lari, kekuatan otot paha, kelincahan, fleksibilitas togok, koordinasi mata kaki, power otot tungkai dan daya tahan aerobik) manakah yang menentukan prestasi atlet futsal, (3) variabel antropometri (tinggi badan, berat badan, panjang tungkai, panjang telapak kaki, lebar telapak kaki) dan kondisi fisik (kecepatan lari, kekuatan otot paha, kelincahan, fleksibilitas togok, koordinasi mata kaki, power otot tungkai dan daya tahan aerobik) manakah yang menentukan prestasi atlet futsal.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan analisis faktor konfirmatori. Data yang telah dikumpulkan akan diolah dan dianalisis menggunakan program statistik komputerisasi dengan sistem SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Versi 20.0 dan menggunakan uji Kaiser-Meyer-Olkin and Bartlett’s Test. Penelitian ini menggunakan populasi atlet futsal yang berusia 21-23 tahun pada atlet putra klub futsal Solo Raya, yang berjumlah 60 atlet. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dari jumlah populasi 60 orang diambil 45 pemain. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Data yang dikumpulkan yaitu antropometri dan kondisi fisik diantaranya tinggi badan, berat badan, panjang tungkai, panjang telapak kaki, lebar telapak kaki, kecepatan lari, kekuatan otot paha, kelincahan, fleksibilitas togok, koordinasi mata kaki, power otot tungkai, dan daya tahan aerobik.
Hasil penelitian yaitu terdapat 2 faktor yang mewakili ke 12 variabel. Faktor 1: Tinggi badan (0,853), berat badan (0,646), panjang telapak kaki (0,847), dan kekuatan otot paha (0,729). Faktor 2: berat badan (0,525), kecepatan (0,762),dan kelincahan (0,746).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) faktor antropometri yang dominan berpengaruh dalam menentukan prestasi atlet futsal yaitu tinggi badan, (2) faktor kondisi fisik yang dominan berpengaruh dalam menentukan prestasi atlet futsal yaitu kekuatan otot paha.
Kata Kunci: Antropometri, Kondisi Fisik, Futsal.

 

×
Penulis Utama : Umar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121508056
Tahun : 2017
Judul : Analisis Faktor Antropometri dan Kondisi Fisik Dominan Penentu Prestasi Atlet Futsal (Analisis Faktor Tinggi Badan, Berat Badan, Panjang Tungkai, Panjang Telapak Kaki, Lebar Telapak Kaki, Kecepatan Lari, Kekuatan Otot Paha, Kelincahan, Fleksibilitas Togok, Koordinasi Mata Kaki, Power Otot Tungkai, dan Daya Tahan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-PASCASARJANA, Prodi Studi Magister Ilmu Keolahragaan - A121508056-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr.,SU,AIFO,MARS.
2. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.