Penulis Utama : Ahmad Yazid
NIM / NIP : K4612011
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bolavolidengan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas X2 SMA N 3 Boyolali Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X2 yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan kolaborator. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase.
Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar passing atas bolavoli pada Siklus I dari 32 siswa mencapai 65,62% atau sebanyak 21 siswa pada hasil belajar passing atas bolavoli. Pada Siklus II meningkat mencapai 87,5% atau sebanyak 28 siswa pada hasil belajar passing atas.siswa sudah memenuhi kriteria tuntas pada hasil belajar passing atas bolavoli yaitu dengan KKM 75.
Berdasarkan hasil analisis penelitian diatas diperoleh kesimpulan bahwa penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli dibuktikan dengan tercapainya target oleh siswa kelas X2 SMA N 3 Boyolali tahun pelajaran 2015 / 2016 yaitu sebesar 60% pada siklus I dan 80% pada siklus II.
Kata Kunci :Hasil Belajar, Passing atas Bolavoli, Alat Bantu Pembelajaran

 

×
Penulis Utama : Ahmad Yazid
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612011
Tahun : 2016
Judul : Penerapan alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas x2 sma negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Penjaskesrek-K.4612011-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto M.Pd
2. Tri Winarti Rahayu S.Pd. M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.