Penulis Utama : Rovy Femilia Dewi
NIM / NIP : F3313091
×

Indonesia sebagai Negara berkembang dengan jumlah penduduk miskin yang masih cukup besar.Faktor utama yang mengakibatkan melonjaknya tingkat kemiskinan di Indonesia adalah kondisi ketahanan pangan yang semakin memburuk, hal ini dikarenakan beralih fungsinya lahan pertanian di Indonesia. BULOG adalah Perusahaan Umum yang ditunjuk pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan di Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti pelaksanaan dari sistem penyaluran Raskin pada Perum BULOG Sub Divre III Surakarta telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) atau tidak.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini membandingkan antara teori pada buku dengan sistem yang diterapkan pada Perum BULOG Sub Divre III Surakarta serta melakukan observasi serta wawancara langsung bagian-bagian pada Perum BULOG Sub Divre III Surakarta.
Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui sistem penyaluran Raskin yang diterapkan pada Perum BULOG Sub Divre III Surakarta, bagian yang terkait, catatan akuntansi yang digunakan, dokumen yang digunakan serta sistem pengendalian intern yang diterapkan dalam penyaluran Raskin pada Perum BULOG Sub Divre III Surakarta.
Kesimpulan dari penelitian ini sistem penyaluran Raskin yang diterapkan pada Perum BULOG Sub Divre III Surakarta telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
Berdasarkan penelitian ini, penulis memberikan beberapa saran dalam pelaksanaan penyaluran Raskin seperti perlu adanya pemeriksaan mendadak untuk meningkatkan kinerja pegawai, perlu adanya pengawasan langsung dari Perum BULOG Sub Divre III Surakarta dalam pembagian Raskin di Titik Bagi, serta perlu adanya perbaikan dokumen untuk memaksimalkan proses pengendalian intern.

Indonesia as a developing country with the number of poor people is still quite large. The main factor that result of  soaring poverty rate in Indonesia is food security conditions are deteriorating, it is because the switch function of agricultural land in Indonesia. Bulog is a Public Company appointed by the government to ensure food security in Indonesia.
    The purpose of this study is to examine the implementation of the distribution system Raskin on BULOG Sub Division III Surakarta in accordance with Standard Operating Procedures (SOP) or not.
    The steps are performed in this study to compare the theory on a book with a system that is applied to BULOG Sub Division III Surakarta as well as observation and interview sections on BULOG Sub Division III Surakarta.
Results of this study was to determine the distribution system Raskin applied to BULOG Sub Division III Surakarta, related parts, the accounting records are used, the documents used as well as the internal control system applied in the distribution of Raskin on BULOG Sub Division III Surakarta.
    The conclusion of this study Raskin distribution system applied to BULOG Sub Division III Surakarta in accordance with Standard Operating Procedures (SOP).
    Based on this study, the authors give some suggestions in implementing the distribution of Raskin as the need for spot checks to improve employee performance, the need for direct supervision of BULOG Sub Division III Surakarta in the distribution of Raskin in Point For, as well as the need for improvement of document in order to maximize internal control processes ,
 

 

×
Penulis Utama : Rovy Femilia Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3313091
Tahun : 2016
Judul : Evaluasi sistem penyaluran raskin oleh Perum Bulog Sub Divre III Surakarta dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat berpenghasilan rendah di kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2016
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Prog. D III Akuntansi-F3313091-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Murni, SE., M.Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.