Penulis Utama : Wulanningsih
NIM / NIP : K5608027
×

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket siswa kelas V A SD Al Firdaus Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan gaya mengajar inklusi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A SD Al Firdaus Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 32 siswa yang terbagi atas 18 putra dan 14 putri. Sumber data terdiri dua yaitu (1) data primer yaitu, hasil belajar dan proses pembelajaran lay up shoot bola basket dengan penerapan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas V A SD Al Firdaus Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 32 siswa, (2) data sekunder yaitu, berupa RPP, Silabus dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui tes lay up shoot bola basket dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket siswa kelas V A SD Al Firdaus Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Kondisi awal sebelum dilakukan PTK, siswa yang tuntas belajar lay up shoot bola basket hanya 5 siswa (15.63%). Pada siklus I dengan dua pertemuan peningkatan hasil belajar lay up shoot bola basket menjadi 23 siswa (71.88%). Pada siklus II dengan dua pertemuan meningkat menjadi 29 siswa (90.63%). Gaya mengajar inklusi memberi kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar lay up shoot bola basket. Dengan penerapan gaya mengajar inklusi siswa belajar lay up shoot bola basket sesuai kemampuan masing-masing siswa. Karena gaya mengajar inklusi merupakan bentuk pembelajaran yang dirancang dari bentuk pembelajaran mudah, sedang dan sulit. Dengan rancangan pembelajaran lay up shoot bola basket dari yang mudah, sedang dan sulit, maka siswa terlibat aktif melaksanakan tugas pembelajaran.
Simpulan penelitian ini sebagai berikut: Penerapan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket pada siswa kelas V A SD Al Firdaus Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar lay up shoot bola basket pada siklus I dengan dua pertemuan sebesar 71.88%. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar lay up shoot bola basket pada siklus II dengan dua pertemuan sebesar 90.63%.
Kata kunci: Penerapan Gaya Mengajar Inklusi, Hasil Belajar Lay Up Shoot Bola Basket

 

×
Penulis Utama : Wulanningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5608027
Tahun : 2016
Judul : Penerapan gaya mengajar inklusi untuk meningkatkan hasil belajar lay up shoot bola basket pada siswa kelas v a sd al firdaus Surakarta tahun pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K.5608027-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Mulyono, M.M
2. Drs. Sarjoko Lelono, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.