Penulis Utama : Habibulloh
NIM / NIP : I8613015
×

Laporan proyek akhir ini berisi tentang proses perancangan dan pembuatan mesin pengayak pasir. Tujuan dari proyek akhir ini yaitu untuk merancang, membuat, dan menguji mesin pengayak pasir yang lebih cepat dalam proses produksi dan aman dalam pengoperasian.
Metode pengumpulan data pada proyek akhir ini meliputi kajian pustaka yang diambil dari karya ilmiah, internet dan e-book. Tahap selanjutnya adalah perencanaan dan perancangan menggunakan simulasi untuk menentukan komponen-komponen yang akan digunakan dalam proyek akhir ini. Tahap terakhir yaitu proses perakitan Mesin pengayak pasir. Hasil akhir dari proses pengayakan pasir adalah pasir halus yang siap untuk digunakan untuk proses selanjutnya.
Berdasarkan hasil perancangan Mesin Pengayak Pasir, urutan pembuatannya yaitu : pembuatan rangka, pembuatan pengayak, pembuatan puli penggerak, pembuatan pin penggerak, proses pendempulan, pewarnaan dasar, proses pengecatan dan proses perakitan. Mesin ini mempunyai dimensi 3430 x 1200 x 1093 mm, menggunakan tenaga penggerak motor listrik dengan daya 0,5 HP. Kapasitas mesin pengayak pasir ini adalah ± 500 kg/jam.
Kata kunci : mesin pengayak pasir, pasir halus, sistem transmisi, pengayak.

 

×
Penulis Utama : Habibulloh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8613015
Tahun : 2016
Judul : Mesin pengayak pasir (proses produksi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Otomotif
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. D III Teknik Mesin-I.8613015-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heru Sukanto, S.T.,M.T
2. Dr. Joko Triyono, S.T.,M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.