Penulis Utama : Lystiana Nurhayat Hakim
NIM / NIP : S891408026
×

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh apakah: (1) ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis kreatif siswa antara siswa yang menggunakan CSM dan Comic Life melalui pembelajaran berbasis proyek, (2) CSM lebih effektif dari pada Comic Life pada pengajaran menulis kreatif berbasis projek, (3) siswa yang menggunakan CSM mengalami kemajuan pada kemampuan menulis kreatif dari pada siswa yang menggunakan Comic Life, (4) siswa lebih memiliki persepsi positif terhadap penggunaan CSM dibandingkan dengan Comic Life.
Penelitian mixed methods atau penelitian campuran ini dilakukan di kelas 9 SMPN 1 Ciamis pada tahun ajaran 2015/2016. Pada penelitian ini terdapat dua sample kelas yang bernama kelas eksperimen yang diajar menggunakan CSM dan kelas kontrol yang diajar menggunakan Comic Life. Untuk memperoleh data, empat instrumen digunakan, yaitu tes menulis untuk memperoleh nilai menulis kreatif siswa, observasi, kuesioner, dan wawancara untuk mengetahui persepsi siswa. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Terdapat beberapa hasil yang dapat diambil pada penelitian ini: (1) ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis kreatif siswa antara siswa yang menggunakan CSM dan Comic Life melalui pembelajaran berbasis proyek, (2) CSM lebih effektif dari pada Comic Life pada pengajaran menulis kreatif berbasis projek, (3) siswa yang menggunakan CSM mengalami kemajuan pada kemampuan menulis kreatif dari pada siswa yang menggunakan Comic Life, (4) siswa lebih memiliki persepsi positif terhadap penggunaan CSM dibandingkan dengan Comic Life.
Hasil penelitian tersebut menyiratkan bahwa CSM adalah media yang efektif dalam mengajar menulis kreatif untuk siswa kelas 9 SMPN 1 Ciamis. Akan tetapi, untuk mendukung penggunaan CSM pada pengajaran menulis kreatif melalui pembelajarn berbasis proyek, para guru harus mengerti mengenai teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan mereka juga harus mampu mengoperasikan internet, komputer, dan beberapa software.
Kata Kunci: CSM, Menulis Kreatif, Pembelajaran Berbasis Proyek

 

×
Penulis Utama : Lystiana Nurhayat Hakim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S891408026
Tahun : 2016
Judul : Using cartoon story maker (csm) through project based learning in teaching creative writing (A Mixed-Method Study at the Ninth Grade of SMP Negeri 1 Ciamis in the Academic Year of 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Inggris-S.891408026-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.