Penulis Utama : Riska Tri Wahyuniari
NIM / NIP : F3213052
×

Promosi merupakan salah satu variabel di dalam marketing mix yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam pemasaran produk atau jasanya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan promosi serta untuk menjelaskan strategi promosi pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta untuk meningkatkan jumlah nasabah.

Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah studi kasus yaitu mengambil suatu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung pada bagian operasional dan penjualan PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta. Data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian baik dari buku dan sumber lain.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media promosi yang diterapkan oleh PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta yaitu Periklanan dan alat yang digunakan brosur yang disebarkan oleh para tenaga pemasar atau agen, Promosi penjualan dan alat yang digunakan open table, merchandise dan open stand diberbagai acara, misalnya bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mengenai Edukasi Keuangan Menggunakan Mobil Literasi Keuangan (SIMOLEK). Penjualan Perorangan media promosinya yaitu tenaga pemasar atau agen dan presentasi. Presentasi ini di lakukan oleh seorang agen ataupun team yang dilakukan diperusahaan maupun instansi pemerintah. Hubungan Masyarakat dan alat yang digunakan adalah menjadi sponsor di berbagai acara yaitu menjadi sponsor Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar (PDAM) dan membangun hubungan dengan masyarakat sekitar kantor cabang maupun Instansi yang bekerja sama dengan PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta. Kegiatan hubungan masyarakat tersebut seperti penyelenggaraan Hari Ulang Tahun (HUT) PT. Asuransi Jiwasraya diselenggarakan pada bulan Desember dengan berbagai kegiatan antara lain Lomba, jalan sehat, donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), kunjungan Panti Asuhan, Kunjungan Pensiunan.

Saran berdasarkan penelitian ini adalah PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta memperbanyak pelatihan-pelatihan marketing untuk tenaga pemasar atau agen seperti pelatihan cara meningkatkan skill pemasaran, strategi-startegi pemasaran untuk perusahaan jasa yang di pandu instruktur yang kompeten di bidang marketing. PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta dalam melakukan kegiatan sosial tidak hanya pada Hari Ulang Tahun (HUT) PT. Asuransi Jiwasraya saja, namun pada kegiatan-kegiatan lain, hal ini untuk meningkatkan citra positif perusahaan dan semakin dikenal masyarakat luas.

Kata Kunci : personal selling, periklanan, publisitas, sales promotion.

 

×
Penulis Utama : Riska Tri Wahyuniari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3213052
Tahun : 2016
Judul : Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. D III Manajemen Pemasaran-F.3213052-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeni Fajariyanti, SE,Msi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.