Penulis Utama : Apriana Sri Hartanti
NIM / NIP : K5112007
×

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media timbangan bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika operasi penjumlahan dan pengurangan pada siswa tunagrahita ringan kelas III C di SLB Negeri Karanganyar tahun ajaran 2015/2016.

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksprerimen. Pendekatan ekperimen yang digunakan adalah pendekatan Single Subject Research. Desain yang digunakan adalah rancangan A1-B-A2. Subjek penelitian merupakan satu dari empat siswa tunagrahita kelas III C SLB Negeri Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes dan observasi. Analisis data melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam dan antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika operasi penjumlahan dan pengurangan. Pada fase baseline 1 mean level subjek JCD menunjukkan angka 3,34, setelah diberi intervensi rata rata mean level naik menjadi 7,17 dan pada fase baseline 2 mean level berada di angka 8,17. Berdasarkan hasil belajar subjek JCD diketahui bahhwa estimasi kecenderungan arah mendatar selama fase baseline 1, meningkat selama fase intervensi dan meningkat lagi pada fase baseline 2. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media timbangan bilangan berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar matematika operasi penjumlahan dan pengurangan pada siswa tunagrahita ringan kelas IIIC SLB Negeri Karanganyar tahun ajaran 2015/2016.

Kata Kunci : Media Timbangan bilangan, hasil belajar matematika, tunagrahita ringan, operasi penjumlahan dan pengurangan

×
Penulis Utama : Apriana Sri Hartanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5112007
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Penggunaan Media Timbangan Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas III C SLB Negeri Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K.5112007-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hermawan, M.Si
2. Erma Kumalasari, M.Psi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.