Penulis Utama : Hanifah
NIM / NIP : K7412084
×

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengkaji cara menghitung biaya satuan (unit cost) dengan menggunakan metode activity based costing dengan pendekatan grade-based system di SMA ABBS; 2) menghitung biaya satuan (unit cost) pendidikan di SMA ABBS menggunakan metode activity based costing dengan pendekatan grade-based system.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA ABBS Surakarta pada tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2016 sampai dengan Juni 2016. Subjek penelitian ini adalah bendahara sekolah, WAKA kesiswaan, WAKA kurikulum, WAKA sarpras dan kepala sekolah SMA ABBS Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Agar data penelitian yang didapatkan valid, maka data diuji menggunakan perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan dan trianggulasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman dengan alur 1) reduksi data; 2) penyajian; dan 3) kesimpulan/verifikasi. Prosedur penelitian terdiri dari tahap pra lapangan, penelitian lapangan, analisis data, dan penyusunan laporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) cara menghitung biaya satuan (unit cost) dengan menggunakan metode activity based costing dengan pendekatan grade-based system di SMA ABBS dengan beberapa tahap, yakni a) identifikasi proses bisnis sekolah; b) identifikasi penggolongan kos; c) klasifikasi aktivitas; d) penentuan cost driver; e) penentuan kos tiap aktivitas; f) menghitung kos aktivitas/unit. g); perhitungan SPP total tiap grade. 2) berdasarkan perhitungan peneliti, biaya satuan (unit cost) pendidikan di SMA ABBS menggunakan metode activity based costing dengan pendekatan grade-based system yakni: grade X sebesar Rp 436,494.41, grade XI Rp 561,114.41 dan grade XII Rp 520,062.96.
Kata kunci: ABC system, Grade based system, SPP

×
Penulis Utama : Hanifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412084
Tahun : 2016
Judul : Implementasi Perhitungan Metode Activity Based Costing dengan Pendekatan Grade-Based System Sebagai Dasar Penentuan SPP di SMA ABBS Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K.7412084-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Susilaningsih, M.Bus
2. Nurhasan Hamidi, S.E., M.Sc., Ak.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.