Penulis Utama : Arthur Solsolay
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231408020
Tahun : 2016
Judul : Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Pemerintah Kota Ambon dalam Mengkomunikasikan Brand “ Ambon City of Music “ Melalui Kegiatan Pilar IMC
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Manajemen Komunikasi-S.231408020-2016
Subyek : KOMUNIKASI PEMASARAN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kota Ambon merupakan salah satu kota tujuan wisata di Provinsi Maluku, menyimpan pesona dan daya tarik wisata alam, sejarah, religi, kuliner, pendidikan, seni budaya dan adat istiadat. Dalam bidang Seni dan budaya masyarakat Kota Ambon khususnya dalam bidang seni musik, menjadi karakteristik dan keunggulan kompetitif dalam membedakan dan bersaing dengan daerah lainnya untuk menarik pengunjung datang menikmati, bekspresi lewat atraksi musik dan mengelar berbagai pertunjukan. Untuk mengembangkan dan memicu perkembangan seni musik di Kota Ambon, Pemerintah Kota Ambon merasa perlu membentuk sebuah brand yang menjadi merek pembeda dan menjadi icon pariwisata Kota Ambon. Brand “ Ambon City of Music “ dicetuskan dengan harapan dapat mejadi titik awal pengembangan kota Ambon menjadi lebih kompetitif lewat berbagai aktifitas Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam komunikasi merek. 

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis konsep Pilar IMC dalam langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Ambon dalam mengkomunikasikan brand “ Ambon City of Music”.

Peneliti menggunakan teori Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) yang dicetuskan oleh Jerry kliatchko dalam International Journal of Advertising “ Towards a New Defenition on Integrated Marketing Communication (IMC), (Estawara, 2008:90), yang mengatakan bahwa IMC adalah konsep dan proses yang secara strategis mengelola komunikasi merek berdasarkan atas pendekatan khalayak, media dan hasil sepanjang waktu.

Metode peneltian yang digunakan adalah studi deskriptif. Menggambarkan realitas yang sedang terjadi tanpa menjelaskan  hubungan antar variable sebagai usaha menemukan jawaban dari pertanyaan yang menyangkut “ bagaimana dan mengapa yang begitu identik dengan sebuah penelitian  kualitatif.

Dalam penelitian, peneliti menemukan bahwa pemerintah Kota Ambon telah melakukan langkah-langkah strategis dalam konsep pilar IMC yaitu dengan pendekatan khalayak (pemerintah, swasta/stakeholder, elemen masyarakat) dan media (elemen communication marketing mix), walaupun ada beberapa elemen yang belum terintegrasi dengan baik.

Kata Kunci : Ambon City of Music, brand dan Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC).

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_20161123_114016.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widodo Muktiyo
2. Drs. Ahmad Adib, M.Hum.,Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana