Penulis Utama : Rendy Muharram
NIM / NIP : D1216050
×

ABSTRAK

Event organizer (EO) merupakan istilah untuk penyedia jasa profesioonal penyelenggara acara. Tugas EO yaitu membantu klienya untuk bisa menggelar acara yang diinginkan. Komunikasi menjadi kunci utama dalam tugas EO. Penyedia jasa Event Organizer harus bisa berkomunikasi dengan baik dalam melakukan tugasnya di lapangan, hal tersebut dibutuhkan agar dapat menarik klien dan sponsorship yang ingin memakai jasanya serta agar acara yang diselenggarakan berjalan baik dan tanpa hambatan. Hello Market merupakan event organizer sekaligus pionir bazaar di Kota Solo yang hadir sejak tahun 2012. Sejak awal berdirinya, Hello Market berkomitmen untuk mengembangkan business movement berbasis brand lokal yang dirintis oleh anak muda di Kota Solo. Kegiatan bisnis yang dikembangkan seputar  event pameran brand lokal, bisnis kreatif, fashion, kuliner, musik, seni, dan creative community.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik  purposive sampling karena mengambil sampel berdasarkan kriteria yang dibuat sehingga sampel yang dipilih mampu memberikan informasi yang dimaksud peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi terhadap tiga informan Hello Market Solo. Teori yang digunakan yaitu komunikasi pemasaran terintegrasi terdiri atas sepuluh elemen oleh Smith, P.R & Ze Zook dan diperkuat oleh teori pencapaian brand awareness oleh David Aaker. Serta validitas data menggunakan jenis triangulasi sumber.
Dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan yaitu Hello Market Solo sudah menggunakan sepuluh elemen komunikasi pemasaran terpadu yaitu: iklan, promosi penjualan, pemasaran langsung, hubungan masyarakat, pensponsoran, pameran, pengemasan, cindera mata, penjualan dan manajemen, media sosial dan situs. Sepuluh elemen tersebut didukung dengan peningkatan brand awareness dengan cara yang harus dilakukan yaitu pesan mudah diingat, simbol berhubungan dengan merek, perluasan merek, sponsor acara, publisitas, dan melakukan pengulangan pada pesan yang dilakukan Hello Market Solo kepada masyarakat agar brand awareness semakin meningkat.
Kata Kunci : brand awareness, event organizer, komunikasi pemasaran terpadu, marketing komunikasi.

 

×
Penulis Utama : Rendy Muharram
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1216050
Tahun : 2019
Judul : Aktivitas Komunikasi Pemasaran Terpadu Event Organizer “Hello Market Solo” (Studi Deskriptif Tentang Aktivitas Komunikasi Pemasaran Terpadu Event Organizer “Hello Market Solo” Dalam Meningkatkan Brand Awareness Kepada Masyarakat Di Kota Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Program Studi Ilmu Komunikasi-D1216050-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widyantoro M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.