Penulis Utama : Imas Bellantika M.
NIM / NIP : D1216025
×

Abstrak

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah membawa perubahan perilaku hidup masyarakat dan peradaban manusia secara global. Salah satu bidang yang terkena dampak terbesar dari perkembangan teknologi adalah bidang ekonomi. Era globalisasi telah merubah sistem ekonomi konvensional menjadi sistem ekonomi digital. Namun ternyata, pergeseran teknologi justru berimbas pada Kosti Solo yang kini mengalami penurunan order oleh customernya akibat terkena badai taksi ‘online’. Pada akhirnya Kosti Solo berbenah diri menentukan langkah yang tepat untuk mempertahankan customernya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Kosti Solo dalam mempertahankan customer di Kota Solo. Teori bauran komunikasi pemasaran Kotler & Amstrong digunakan dalam menganalisis penelitian, yang dijelaskan menjadi enam elemen yakni periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan personal, pemasaran langsung, dan pemasaran dari mulut ke mulut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling dari pihak Kosti dan customer Kosti dengan beberapa karakteristik. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara dan dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk validitas data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bauran promosi sebagai alat yang diimplementasikan Kosti ke dalam aktivitas komunikasi pemasarannya mampu untuk mempertahankan customer di tengah persaingan di bidang jasa transportasi yang semakin ketat.

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Jasa Transportasi, Kosti Solo

×
Penulis Utama : Imas Bellantika M.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1216025
Tahun : 2019
Judul : Aktivitas Komunikasi Pemasaran Taksi Kosti (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Aktivitas Komunikasi Pemasaran KOSTI/Koperasi Sopir Transportasi dalam Mempertahankan Customer di Kota Solo Tahun 2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1216025-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Chatarina Heny Dwi Surwati, S.Sos.,M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.