Penulis Utama : Mukminati An’amallah
NIM / NIP : K1311056
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII B SMP Negeri 18 Purworejo yang memiliki gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas VII B, yang terdiri dari 2 siswa bergaya kognitif slightly field dependent dan 2 siswa bergaya kognitif strongly field dependent. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes GEFT untuk mendapatkan siswa bergaya kognitif field dependent dan tes tertulis untuk mendapatkan data kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita. Teknik wawancara dilakukan untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent  dalam mengerjakan soal cerita. Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (i) kesalahan yang dilakukan oleh siswa yang memiliki gaya kognitif slightly field dependent adalah: (a) kesalahan tipe I yang dilakukan siswa meliputi 20% siswa tidak menuliskan apa yang diketahui, menuliskan apa yang diketahui tetapi tidak sesuai dengan permintaan soal, menuliskan apa yang ditanya tetapi tidak sesuai dengan permintaan soal dan 10% tidak menuliskan apa yang ditanya; (b) kesalahan tipe II yang dilakukan siswa meliputi 70% siswa menuliskan model matematika namun kurang tepat dan 30% siswa tidak menuliskan model matematika yang diminta soal; (c) kesalahan tipe III yang dilakukan siswa meliputi 100% siswa melakukan kesalahan komputasi, 50% siswa melakukan kesalahan konsep, 10% siswa tidak melanjutkan prosedur perhitungan, dan 40% siswa tidak menuliskan tahapan perhitungan; (d) kesalahan tipe IV yang dilakukan siswa meliputi 30% siswa menuliskan jawaban akhir tetapi tidak sesuai dengan konteks soal, 60% siswa tidak menuliskan satuan yang sesuai dan 40% siswa tidak menuliskan jawaban akhir. (ii) kesalahan yang dilakukan oleh siswa yang memiliki gaya kognitif strongly field dependent adalah: (a) kesalahan tipe I yang dilakukan siswa meliputi 77,78% siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, 33,33% siswa menuliskan apa yang diketahui tetapi tidak sesuai dengan permintaan soal, 11,11% siswa menuliskan apa yang ditanyakan tetapi tidak sesuai dengan permintaan soal; (b) kesalahan tipe II yang dilakukan siswa meliputi 66,67% tidak menuliskan model matematika yang diminta soal dan 

77,78% siswa menuliskan model matematika namun kurang tepat; (c) kesalahan tipe III yang dilakukan siswa meliputi 88,89% siswa melakukan kesalahan dalam komputasi, 66,67% siswa melakukan kesalahan konsep, 33,33% siswa tidak melanjutkan prosedur perhitungan, dan 22,22% siswa tidak menuliskan tahapan perhitungan; (d) kesalahan tipe IV yang dilakukan siswa meliputi 33,33% siswa menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dengan konteks soal dantidak menuliskan satuan yang sesuai serta 44,44% siswa tidak menuliskan jawaban akhir. Penyebab kesalahan siswa bergaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal cerita adalah siswa kurang memahami isi soal, kurang memahami maksud soal, kurang teliti dalam membaca mengerjakan dan kurang memahami konsep pecahan.

Kata Kunci:   Analisis Kesalahan, Gaya Kognitif, Field Dependent, Soal Cerita, Pecahan

 

×
Penulis Utama : Mukminati An’amallah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1311056
Tahun : 2016
Judul : Analisis Kesalahan Siswa Yang Memiliki Gaya Kognitif Field Dependent dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 18 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Matematika-K.1311056-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Triyanto, S.Si, M.Si.,
2. Getut Pramesti, S.Si, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.