Penulis Utama : Aprilia Riesta Nur Fitriani
NIM / NIP : K2209008
×

Penelitian ini melaporkan evaluasi materi dan tugas-tugas yang ditampilkan dalam buku berjudul Effective English yang dirancang untuk siswa kelas tujuh SMP. Kriteria evaluasi didasarkan pada kompatibilitas tugas atau bahan dengan Kurikulum 2013 dan tingkat komunikatif tugas pada buku teks berdasarkan jenis latihan komunikatif diusulkan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang mengacu pada analisis isi. Data dari penelitian ini adalah semua bahan dan tugas dalam buku teks, Effective English, digunakan oleh siswa kelas tujuh SMP, yang ditulis oleh Soegeng HS dan diterbitkan oleh PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri pada tahun 2014. Data dikumpulkan dengan menggunakan analisis dokumen. Teknik analisis data pada buku teks melibatkan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan seperti yang diusulkan oleh Miles dan Huberman (1992: 16).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66 dari 94 (59,57%) indikator yang dituntut oleh kurikulum 2013 yang dikembangkan dalam buku ini dan 6 dari 8 (75%) jenis latihan komunikatif dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa Effective English diberi label sebagai buku yang "baik" dilihat dari kedua soal kompatibilitas bahan dengan indikator yang disarankan oleh 2013 Kurikulum dan tingkat komunikatif dari latihan. Buku ini menyajikan sebagian besar bahan yang dituntut oleh Kurikulum 2013, seperti ungkapan yang digunakan untuk komunikasi fungsional tertentu, dan contoh dokumen tertulis, seperti kartu identitas, laporan, dan dokumen teknis. Namun, tidak semua indikator yang disarankan dalam kurikulum 2013 dikembangkan. Dalam hal latihan komunikatif, buku pelajaran bahasa Inggris yang efektif mengembangkan cukup banyak kegiatan komunikatif. Dari delapan jenis latihan komunikatif yang dirangkum oleh Jack. C Richards, buku ini mengembangkan enam kegiatan. Mereka adalah information gap principle, jigsaw principle, task-completion activities, information-gathering activities, information-transfer activities, dan role plays. Ini berarti bahwa guru yang menggunakan buku ini sebagai sumber bahan perlu menambahkan atau memodifikasi tugas sehingga semua indikator yang disarankan oleh kurikulum 2013 tercapai. Guru dapat menggunakan buku ini sebagai sumber kegiatan komunikatif karena buku ini memiliki tingkat komunikatif yang tinggi.

Kata kunci: analisis isi, tugas, indikator, kurikulum, latihan komunikatif

×
Penulis Utama : Aprilia Riesta Nur Fitriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2209008
Tahun : 2016
Judul : A Content Analysis of The English Textbook “Effective English” as an Additional Book for Grade Seven of Junior High School
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Inggris-K.2209008-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh. Asrori, M.Pd
2. Hefy Sulistyawati, S.S, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.