Penulis Utama : Danang Aji Saputra
NIM / NIP : D0111025
×

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas tenaga kerja usia remaja di Balai Latihan Kerja Surakarta. Tenaga kerja usia remaja yang dimaksud adalah tenaga kerja yang berpendidikan rendah (tidak mampu menyelesaikan sekolahnya di jenjang SMA dan Perguruan Tinggi), kurang pengalaman, dan kurang keterampilan serta belum siap untuk memasuki dunia kerja sehingga saat ini menjadi pencari kerja atau pengangguran. BLK sebagai lembaga yang menangani permasalahan yang terjadi apakah strategi BLK dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja serta membantu tenaga kerja tersebut terserap di dunia pasar kerja.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan narasumber dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Metode pemilihan informan menggunakan purposive sampling yaitu wawancara dengan Kepala Seksi Bidang Penyelenggaraan, Kepala Seksi Bidang Program, Staff Kios 3 In 1 (Pemberdayaan), dan peserta pelatihan BLK Kota Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode triangulasi data. Analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan model analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui strategi yang dilakukan oleh BBLKI Kota Surakarta dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja usia remaja dilakukan dengan memberikan pelatihan dari berbagai bidang kejuruan. Pelatihan didukung oleh sarana dan prasarana yang cukup memadai. Calon peserta diperoleh dengan melakukan promosi berupa spanduk, selebaran dan media sosial. Penjaringan peserta juga diperoleh melalui kabar dari peserta satu dengan peserta yang lain. Memberikan pelatihan bagi trainer dan juga tugas magang di perusahaan-perusahaan. Pelatihan tenaga kerja dilengkapi juga dengan kegiatan magang Kegiatan pelatihan jugadilengkapi dengan evaluasi. Strategi yang dilakukan oleh BBLKI dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja usia remaja dari kemampuan atau skill kerja, namun belum mencapai tingkat motivasi internal. Tenaga kerja yang mengikuti pelatihan sebagian dapat terserap pasar kerja, terutama yang memiliki prestasi tinggi dan bersedia bekerja di luar kota. Peserta dengan prestasi sedang dan bawah serta tidak bersedia bekerja di luar kota  masih sulit dipantau karena tidak melaporkan diri.Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja Usia Remaja masih mengalami kendala dan hambatan-hambatan. Faktor penghambat dalam peningkatan kualitas tenaga kerja usia remaja di Kota Surakarta adalah anggaran dana kecil, pengelola website kurang, motivasi dan minat peserta rendah, dan jumlah instruktur terbatas.

Kata Kunci : Kualitas, Strategi, Tenaga Kerja

×
Penulis Utama : Danang Aji Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0111025
Tahun : 2016
Judul : Strategi Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja Usia Remaja di Balai Besar Latihan Kerja Industri Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D.0111025-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.