Penulis Utama : Endraswari Eskamurti
NIM / NIP : D0112029
×

ABSTRAK
Desa Berjo sebagai salah satu kawasan desa wisata memiliki potensi luar biasa dalam pengembangan wisata. Namun, kondisi sosial ekonomi masyarakat cenderung masih relatif sederhana sehingga perlu dilakukan analisis mendalam terkait implementasi kebijakan pariwisata sebagai faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari implementasi kebijakan pariwisata terhadap kesejahteraan masyarakat, yang sejalan dengan teori Spicker (1995).
Penelitian ini merupakan survey eksplanatoris dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 859 populasi dan 91 responden sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan cluster sampling. Uji validitas dilakukan melalui uji Spearman dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Adapun analisis data dilakukan dengan metode regresi ordinal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dinilai memberikan pengaruh yang bermakna terhadap kesejahteraan masyarakat. Hasil Pseudo r-square dan Parameter Estimates dari nilai statistik Wald menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pariwisata memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 28,3% terhadap kesejahteraan masyarakat. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin baik implementasi kebijakan pariwisata, maka kesejahteraan akan tercapai, dan begitupun sebaliknya. Selain itu, hasil penelitian ini mampu mendukung teori Spicker (1995)

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Kesejahteraan Masyarakat, Pariwisata.


 

×
Penulis Utama : Endraswari Eskamurti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112029
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Implementasi Kebijakan Pariwisata terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Masyarakat Sekitar Objek Wisata Alam Air Terjun Jumog di Desa Berjo Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Isip - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Isip Jur.Ilmu Administrasi Negara-D0112029-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rina Herlina Haryanti, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.