Penulis Utama : Dewi Ariyanti
NIM / NIP : K3312017
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan handout dan eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Gondangrejo tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Teknik untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI berbantuan handout dan eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Peningkatan persentase ketercapaian aktivitas belajar siswa dari 42,86% pada prasiklus meningkat menjadi 85,71% pada siklus I. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil prestasi belajar siswa aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Prestasi belajar aspek kognitif pada siklus I sebesar 46,43% meningkat menjadi 75,00% pada siklus II. Prestasi belajar aspek afektif telah mencapai target yaitu 82,14% pada siklus I. Prestasi belajar aspek psikomotor pada siklus I telah mencapai 100%.
Kata Kunci: Penelitian tindakan kelas, team assisted individualization, handout, eksperimen, aktivitas belajar siswa, prestasi belajar

×
Penulis Utama : Dewi Ariyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3312017
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Handout dan Eksperimen pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 3 SMA Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kimia-K.3312017-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryadi Budi Utomo, M.Si.
2. Dra. Bakti Mulyani, M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.