Penulis Utama : Turis Harningsih
NIM / NIP : S421302015
×

Sebagian besar anggota Kerabat Sosial Baki Siji yang merupakan masyarakat miskin tidak dapat mengakses sumber keuangan seperti perbankan. Hal ini disebabkan masyarakat tersebut tidak memiliki jaminan. Sehingga terbentuklah Kerabat Sosial Baki Siji bertujuan untuk memberikan akses keuangan bagi masyarakat miskin terutama ibu-ibu di sekitar wilayah Kota Surakarta.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan sosioekonomi anggota Kerabat Sosial Baki Siji di Kelurahan Nusukan sebelum dan sesudah adanya program Grameen Bank. Data yang digunakan adalah data primer melalui wawancara dan observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anggota Kerabat Sosial Baki Siji (KSBS) di Surakarta berada dalam rumah tangga miskin. Pendapatan rata-rata anggota ialah dibawah Rp. 1.000.000,- per bulan. Untuk menjaga kelangsungan hidup diri dan keluarga, umunya mereka bekerja pada sektor informal seperti pedagang kaki lima, buruh, asisten rumah tangga, pengemis, jual beli barang bekas. Mereka sulit mendapatkan akses sumberdaya termasuk sumberdaya keuangan seperti kredit dari lembaga keuangan yang ada karena dianggap tidak layak, pendapatnya tidak tetap, dan tidak ada jaminan.

Hasil penelitian juga menunjukkan anggota merasa lebih terbantu perekonomiannya setelah adanya Kerabat Sosial Baki Siji. Hal tersebut dikarenakan syarat peminjamannya mudah, cepat dan tidak adanya jaminan. Selain itu mereka juga terbantu adanya sistem menabung yang bisa digunakan sebagai pendapatan cadangan.

Kata kunci : grameen bank, kemiskinan

×
Penulis Utama : Turis Harningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S421302015
Tahun : 2016
Judul : Kajian Sosial Ekonomi Eksistensi Grameen Bank Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan : Studi Kasus Kerabat Sosial Baki Siji di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Ekonomi dan Studi Pembangunan-S.421302015-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. AM. Soesilo, M.Sc,
2. Bhimo Rizky Samudro, SE., M.Si., PhD
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.