Penulis Utama : Himmawan Ady Yogan Indarriyanto
NIM / NIP : M04
×



ABSTRAK
Pemanfaatan ubi kayu berskala industri menghasilkan hasil sampingan berupa limbah cair tapioka yang dapat menurunkan kualitas lingkungan. Limbah cair tapioka merupakan limbah yang mengandung sianida di dalamnya. Sianida merupakan bahan yang bersifat sangat beracun terhadap organisme dalam konsentrasi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai LC50-96 dan mengetahui pengaruh limbah cair tapioka terhadap kualitas, serta mengetahui pengaruh limbah cair tapioka terhadap struktur mikroanatomi branchia.
Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap dengan variabel bebas berupa konsentrasi limbah cair tapioka dengan variabel terikat berupa parameter kualitas perairan yang meliputi: pH, Suhu, COD, BOD, TSS, dan Sianida; mortalitas ikan; dan struktur mikroanatomi branchia. Data parameter kimia dianalisis dengan menggunakan uji T-test dan uji Korelasi. Untuk mengetahui nilai LC50-96 jam menggunakan analisis probit. Sedangkan untuk kerusakan mikroanatomi branchia dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan nilai LC50-96 limbah cair tapioka adalah 1,336%. Uji T-test menunjukkan adanya pengaruh limbah cair tapioka terhadap parameter parameter COD, BOD, TSS, dan Sianida, tetapi tidak berpengaruh pada parameter pH dan Suhu. Pengamatan mikroanatomi branchia menunjukkan adanya kerusakan jaringan berupa edema, hiperplasia, dan fusi lamella sekunder.
Kata Kunci: Branchia, LC50-96, Limbah Cair Tapioka, Oreochromis niloticus

×
Penulis Utama : Himmawan Ady Yogan Indarriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M04
Tahun : 2017
Judul : Uji LC50-96 limbah cair industri tapioka dan pengaruhnya terhadap struktur mikroanatomi branchia ikan nila (oreochromis niloticus)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Biologi FMIPA UNS - 2017
Program Studi : S-1 Biologi
Kolasi : 12 hal.
Sumber : hadiah
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Makalah
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Noor Soesanti Handajani
2. Sunarto.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.