Penulis Utama : Yustina Putri Krismangesti
NIM / NIP : K541307
×

ABSTRAK


PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP DAMPAK PENCEMARAN  LIMBAH  INDUSTRI TAHU DI KELURAHAN MOJOSONGO KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2017 (Sebagai Suplemen Bahan Ajar untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Kelas XI pada Kompetensi Dasar 3.7 : Mengevaluasi Tindakan yang Tepat dalam Pelestarian Lingkungan Hidup Kaitannya dengan Pembangunan Yang Berkelanjutan) Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober. 2018.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui persepsi masyarakat mengenai dampak limbah industri tahu terhadap lingkungan hidup yaitu perubahan warna air sungai dan timbulnya bau tidak sedap di Kelurahan Mojosongo; (2) Menyusun suplemen bahan ajar untuk mata pelajaran Geografi SMA Kelas XI KD 3.7 mengevaluasi tindakan yang tepat dalam pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan yang berkelanjutan.

Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah 1.054 Kepala Keluarga (KK) yang terbagi menjadi 4 zona dan sepanjang sungai. Sampel yang diambil adalah 77 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang  digunakan adalah skoring.

Hasil penelitian ini adalah (1) Persepsi masyarakat terhadap dampak limbah industri tahu terhadap lingkungan hidup dalam klasifikasi sedang; (2) Suplemen bahan ajar untuk mata pelajaran Geografi SMA Kelas XI KD 3.7 mengevaluasi tindakan yang tepat dalam pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan yang berkelanjutan.
 
 Kata kunci : Persepsi Masyarakat, Pencemaran Industri Tahu, Lingkungan Hidup.

×
Penulis Utama : Yustina Putri Krismangesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K541307
Tahun : 2018
Judul : Persepsi Masyarakat Terhadap Dampak Pencemaran Limbah Industri Tahu di Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Studi Pend. Bahasa Geografi- K541307-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si.
2. Setya Nugraha, S.Si, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.