Penulis Utama : Indah Sagitaisna Putri
NIM / NIP : G0015112
×

Pendahuluan: Diet tinggi lemak tinggi fruktosa dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh, termasuk ginjal. Kerusakan ini diakibatkan karena stres oksidatif akibat adanya produksi anion superoksida yang berlebihan sehingga terjadi penekanan kerja enzim antioksidan endogen, terutama enzim SOD. Biji kelor mengandung banyak senyawa metabolit sekunder dan antioksidan yang dapat mencegah stress oksidatif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek ekstrak biji kelor terhadap ekspresi SOD jaringan ginjal tikus putih dengan diet tinggi lemak tinggi fruktosa.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik dengan sampel sebanyak dua puluh delapan tikus wistar yang dibagi menjadi 4 kelompok. K1 diberi pakan pellet standar, K2, K3 and K4 diberi pakan tinggi lemak tinggi fruktosa selama 50 hari. Kemudian, diberikan ekstrak biji kelor pada K3 dengan dosis 150mg/kgBB dan K4 sebesar 200mg/kgBB. Setelah 28 hari, dilakukan terminasi dan pengambilan jaringan ginjal untuk dibuat preparat histopatologi dengan pengecatan imunohistikimia dengan antibodi anti-SOD. Ekspresi SOD dianalisis dengan uji Kruskall-wallis dan uji post hoc Mann-whitney.

Hasil: Dari hasil penelitian diperoleh perbedaan bermakna antara ekspresi SOD  kelompok K1-K2, K2-K3, dan K2-K4 pada tubulus ginjal (p<0,05). Pada glomerulus ginjal, terdapat perbedaan bermakna ekspresi SOD antarkelompok kecuali  K3-K4 (p>0,05).

Simpulan: Ekstrak biji kelor dosis 150 mg/kgBB dan 200 mg/kgBB dapat meingkatkan ekspresi SOD jaringan ginjal secara bermakna pada tikus wistar dengan diet tinggi lemak tinggi fruktosa

×
Penulis Utama : Indah Sagitaisna Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015112
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Pemberian Ekstrak Biji Kelor (Moringa oleifera, Lam.) terhadap Ekspresi SOD (Superoxide dismutase) pada Jaringan Ginjal Tikus Putih (Rattus norvegicus) Model Diet Tinggi Lemak Tinggi Fruktosa
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0015112-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dyah Ratna Budiani, Dra., M.Si
2. Slamet Riyadi dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.