Penulis Utama : Eko Cahyo Saputro
NIM / NIP : I8615015
×

Abstrak

Tujuan dari proyek akhir ini adalah merancang dan membuat mesin pencetak bakso untuk menghasilkan sebuah mesin yang lebih efisien dan efektif. Desain awal rancangan mesin pencetak bakso menggunakan program solidwork untuk menghasilkan mesin yang lebih baik dan optimal.
Metode perancangan mesin melalui proses dari survey lapangan kemudian baru  melakukan  proses  pembuatan  desain  mesin  pencetak  bakso.  Desain  dari mesin  pencetak  bakso  ini  dirancang  lebih  simpel  dari  mesin  yang sudah  ada dengan mekanisme dan perawatan yang lebih mudah.
Dari hasil analisa perhitungan didapatkan spesifikasi sebagai berikut: mesin pemindah daya motor AC 0,5 HP, putaran motor listrik 1400 rpm, reduser dengan perbandingan  putaran  1:10,  diameter poros 19  mm,  material  poros  mild  steel ST37, diameter pulley 50, 60, 75, 90 mm dengan material pulley besi dan alumunium. V-Belt yang dipakai tipe A22, A25 dan A33. Kapasitas bakso yang dihasilkan tergantung dari putaran cam, cam berputar dua kali per detik, sehingga putaran cam akan menggerakkan pisau pemotong dua kali dan menghasilkan dua buah bakso dalam satu detik.

Kata Kunci: Daya, Poros, Pulley, V-belt, Cam

 

×
Penulis Utama : Eko Cahyo Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8615015
Tahun : 2018
Judul : Perancangan Sistem Transmisi Pully V-belt pada Mesin Pencetak Bakso
Edisi :
Imprint : Surakarta - D III - 2018
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Otomotif
Kolasi :
Sumber : UNS-D III Jur. Teknik Mesin-I8615015-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Joko Triyono, S.T., M.T,
2. Purwadi Joko Widodo, S.T., M.Kom,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.