Penulis Utama : Thya Evamaya Nur’aini
NIM / NIP : D0211095
×

ABSTRAK

Permasalahan yang sering terjadi dan sampai sekarang belum terselesaikan yaitu masalah perilaku bullying. Perilaku bullying membuat orangtua, pendidik, dan masyarakat merasa prihatin, karena perilaku bullying terjadi pada siswa tingkat SD sampai Perguruan tinggi. Perilaku bullying merupakan tindakan negatif yang dilakukan oleh sebagian siswa yang bersifat menyerang baik itu berupa serangan emosional, verbal, ataupun fisik yang dapat berdampak buruk bagi perkembangan psikologis pelaku ataupun korban.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh antara pola komunikasi orangtua-anak berpengaruh terhadap perilaku bullying pada remaja di Surakarta. (2) Untuk mengetahui seberapa besar intensitas pengaruh komunikasi kelompok teman sebaya terhadap perilaku bullying pada remaja di Surakarta. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh secara signifikan antara pola komunikasi orangtua-anak dan komunikasi kelompok teman sebaya terhadap perilaku bullying pada remaja di Surakarta Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini termasuk invinete, yaitu populasi yang jumlahnya tidak terbatas dengan jumlah sampel antara 200 – 400 sudah memenuhi syarat untuk dilakukan olah data. Tehnik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu : 1) Pola komunikasi orangtua-anak berpengaruh terhadap perilaku bullying pada remaja di Surakarta. 2) Intensitas komunikasi kelompok teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku bullying pada remaja di Surakarta. 3) Pola komunikasi orangtua-anak dan komunikasi teman sebaya secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku bullying pada remaja di Surakarta.

 

×
Penulis Utama : Thya Evamaya Nur’aini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0211095
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Pola Komunikasi Orangtua-Anak dan Intensitas Komunikasi Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Pada Remaja Di Smk Negeri 9 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.ISIP Jur. Ilmu Komunikasi, D0211095 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Adolfo Eko Setyanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.