Penulis Utama : Lutfijeries Mahardika Pratama
NIM / NIP : R0214056
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Sektor tekstil merupakan penyerap tenaga kerja terbesar di area Solo Raya sehingga terdapat potensi kecelakaan kerja yang besar juga yang dapat menimpa pekerja tekstil seiring semakin banyaknya aktivitas karyawan tekstil. Kurangnya pengetahuan mengenai aspek keselamatan dan kesehatan kerja dapat menjadi faktor risiko terjadinya kecelakaan kerja dilingkungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh safety briefing terhadap pengetahuan keselamatan kerja pekerja area weaving PT Iskandar Indah Printing Textile, Surakarta.
 
Metode : Jenis penelitian ini adalah pre-experimental designs, dengan desain one group pretest posttest design. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, pada tenaga kerja bagian produksi di PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta sebesar 40 sampel. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk menilai pengetahuan keselamatan kerja sebelum dan sesudah safety briefing pada pekerja area weaving. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon.
 
Hasil : Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari safety briefing terhadap pengetahuan keselamatan kerja pekerja area weaving PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta dengan p-value = 0,0001.  
 
Simpulan : 1. Terdapat perbedaan pengetahuan keselamatan kerja pekerja area weaving di PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta sebelum dan sesudah safety briefing. 2. Pekerja area weaving PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta memiliki ratarata tingkat pengetahuan keselamatan kerja sebelum safety briefing yaitu cukup dan sesudah safety briefing yaitu baik.
 
Kata Kunci : Safety Briefing, Pengetahuan Keselamatan Kerja

×
Penulis Utama : Lutfijeries Mahardika Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214056
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Pengetahuan Keselamatan Kerja Pekerja Area Weaving Sebelum an Sesudah Pemberian Safety Briefing di PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kesejahteraan Kerja-R0214056-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haris Setyawan, S.K.M., M.Kes.
2. Seviana Rinawati, S.K.M., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.