Penulis Utama : Ririn Lisnawati
NIM / NIP : K3313059
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya: (1) pengaruh model pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) dan Group Investigation (GI), (2) pengaruh kemampuan berpikir analisis, dan (3) interaksi antara model pembelajaran Coopertive Problem Solving (CPS) dan Group Investigation (GI) dengan kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi Kelarutan dan Tetapan Hasil Kali Kelarutan (Ksp). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes untuk data kemampuan berpikir analisis, teknik angket dan observasi untuk data nilai sikap, teknik tes untuk nilai pengetahuan, serta teknik observasi untuk data nilai keterampilan. Analisis data menggunakan uji hipotesis non parametrik Kruskal Wallis. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan, yaitu: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran CPS dan GI terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan sikap, tetapi tidak berpengaruh terhadap aspek keterampilan, (2) tidak terdapat pengaruh kemampuan berpikir analisis tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar  aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan, dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran CPS dan GI dengan kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan sikap, namun tidak ada interaksi antara model pembelajaran CPS dan GI dengan kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar peserta didik aspek keterampilan pada materi Kelarutan dan Tetapan Hasil Kali Kelarutan (Ksp).

Kata Kunci: Coopertive Problem Solving (CPS), Group Investigation (GI), Kemampuan Berpikir Analisis, Prestasi Belajar, Kelarutan dan Tetapan Hasil Kali Kelarutan (Ksp)

×
Penulis Utama : Ririn Lisnawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313059
Tahun : 2018
Judul : Studi Komparasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving dan Group Investigation dengan Memperhatikan Kemampuan Berpikir Analisis Terhadap Prestasi Belajar (Studi Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (KSP) Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kimia-K3313059-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widiastuti Agustina E S, S.Si., M.Si
2. Drs. Haryono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.