Penulis Utama : Akhmad Zaenuddin Jazuli
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313005
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Studi Pendidikan Kimia-K3313005-2018
Subyek : DISCOVERY LEARNING, PBL, KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan terhadap prestasi belajar siswa. (2) Pengaruh kemampuan berpikir logis tinggi dan kemampuan berpikir logis rendah siswa terhadap prestasi belajar. (3) Interaksi antara model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL) dengan kemampuan berpikir logis yang dimiliki siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini berasal dari seluruh siswa kelas XI MIPA semester genap SMA Negeri 1 Sragen tahun pelajaran 2017/2018. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pada kelas eksperimen I diterapkan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data adalah melalui teknik tes yang digunakan untuk mengambil data prestasi belajar pada aspek pengetahuan dan kemampuan berpikir logis dan teknik non tes digunakan untuk mengambil data pada aspek sikap dan aspek keterampilan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Variansi (ANAVA) dua jalan dengan sel tak sama digunakan untuk prestasi belajar aspek pengetahuan,dan uji statistic non parametrik Kruskal Wallis digunakan pada aspek sikap dan ketrampilan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan, (1) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan baik dari aspek pengetahuan, aspek sikap, maupun, aspek ketrampilan. (2) Kemampuan berpikir logis siswa berpengaruh pada prestasi belajar aspek pengetahuan dan tidak berpengaruh pada prestasi belajar aspek sikap dan aspek ketrampilan pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. (3) Pada prestasi belajar siswa pada aspek sikap menunjukkan adanya interaksi antara model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kemampuan berpikir logis siswa. Akan tetapi pada aspek pengetahuan dan aspek ketrampilan tidak menunjukkan adanya interaksi antara model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kemampuan berpikir logis siswa.
Kata Kunci : Discovery Learning, PBL, kemampuan berpikir logis, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Akhmad Z J..pdf
COVER.pdf
BAB 1 .pdf
BAB 2 .pdf
BAB 3 .pdf
BAB 4 .pdf
BAB 5 .pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agung Nugroho C.S., S.Pd., M.Sc.,
2. Dra. Bakti Mulyani, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP