Penulis Utama : Aris Cahyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S201402002
Tahun : 2018
Judul : Efektivitas Kafein 1% Gel pada Terapi Akne Vulgaris Derajat Ringan dan Sedang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Dokter Spesialis-S201402002-2018
Subyek : AKNE VULGARIS, GAGS
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pendahuluan: Akne vulgaris (AV) merupakan suatu penyakit inflamasi kronik kulit yang berkembang di sekitar unit pilosebaseus dan disertai manifestasi klinis berupa komedo terbuka dan tertutup serta adanya tanda inflamasi seperti papul, pustul dan nodul. Terapi AV pada umumnya menggunakan lebih dari satu obat karena menyesuaikan dengan patogenesis penyakit yang multifaktorial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kafein 1% gel pada terapi AV derajat ringan dan sedang.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian double-blind randomized controlled trial. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari - April 2018, dengan jumlah sampel sebanyak
48 orang penderita AV yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang diobati dengan kafein 1% gel sebagai kelompok terapi dan krim tretinoin 0,025% sebagai kelompok kontrol, yang diberikan selama 6 minggu. Perhitungan derajat akne pada subyek penelitian menggunakan Global Acne Grading Score (GAGS) dan pengukuran indeks eritema dengan mexameter®  MX18. Hasil sebelum dan sesudah terapi pada kedua kelompok dianalisa menggunakan uji t berpasangan.


Hasil:  Hasil  analisis  untuk  skor  GAGS  kelompok  perlakuan  dan  kelompok  kontrol didapatkan bahwa kelompok kafein 1% gel menyebabkan penurunan skor GAGS yang bermakna dibandingkan dengan kelompok kontrol, terutama pada pengukuran minggu ke-4 dan ke-6 (p<0,05). Indeks eritema pada kelompok kafein 1% gel menunjukkan hasil yang bermakna lebih baik dibandingkan kontrol pada area dahi dan dagu (p<0,05), sedangkan pada area pipi kanan dan pipi kiri tidak menunjukkan adanya perbedaan bermakna (p>0,05). Kesimpulan: Kafein 1% gel memberikan efek terapi yang bermakna dibandingkan kontrol dalam terapi AV derajat ringan dan sedang, yang dinilai melalui perubahan skor GAGS dan indeks eritema.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I Pendahuluan.pdf
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
BAB III Metode Penelitian.pdf
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. dr. Harijono Kariosentono, Sp.KK (K)
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana