Penulis Utama : Rizqi Aditya Nugraha
NIM / NIP : K7114154
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together  pada siswa kelas V SD Negeri Totosari No.102 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan 33 siswa kelas V salah satu SD di Kota Surakarta tahun ajaran 2017/2018.  Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. 
Hasil penelitian menunjukan ketuntasan klasikal mengalami peningkatan mulai dari 27% pada pratindakan, menjadi 57,58% pada siklus I, meningkat kembali menjadi 87,88% pada siklus II. Masih terdapat 12,12% (4 siswa) yang masih memperoleh nilai <75 dikarenakan siswa tersebut kesulitan dan kurang motivasi dalam mengerjakan soal matematika. Sebagai tindak lanjut kedua siswa tersebut akan diberikan bimbingan lebih lanjut dari guru. Penilaian aktivitas siswa dan penilaian kinerja guru juga mengalami peningkatan.
Berdasarkan data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas V SD Negeri Totosari No.102 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

×
Penulis Utama : Rizqi Aditya Nugraha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114154
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Totosari No.102 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114154-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Riyadi, M.Si.
2. Dra. Lies Lestari, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.