Penulis Utama : Lina Nikmatur R. R
NIM / NIP : K7114097
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan melalui penerapan model ARIAS pada siswa kelas IV SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD di  salah satu SD Swasta di Surakarta dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pratindakan nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan siswa sebesar 65,58 dengan presentase ketuntasan kelas sebesar 20,09% yang dapat mencapai KKM (≥76). Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan siswa meningkat menjadi 76 dengan presentase ketuntasan kelas sebesar 58,3%, pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 83 presentase ketuntasan kelas sebesar
75%, dan pada siklus III nilai rata-rata meningkat menjadi 88 presentase ketuntasan kelas sebesar 91,7%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model ARIAS dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa kelas IV di SD di salah satu SD Swasta di Surakarta.

Kata  Kunci : Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS), Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan

×
Penulis Utama : Lina Nikmatur R. R
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114097
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Melalui Model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (Arias) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114097-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hasan Mahfud, M.Pd
2. Fadhil Adi Purnama, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.