Penulis Utama : Desi Yulanda Putri
NIM / NIP : K7114031
×

Tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah masih rendah. Mengingat pentingnya kemampuan pemecahan masalah bagi siswa, maka dicarilah alternatif  yaitu  penggunaan  model  pembelajaran  yang menunjang kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah soal cerita bangun datar dan ruang melalui model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari II No. 179 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari II No.179 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 29 siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan kajian dokumen. Validitas data diuji dengan validitas isi, triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran ARIAS meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal cerita bangun datar dan ruang. Peningkatan tersebut, dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (> 70) pada setiap siklus yaitu persentase ketuntasan klasikal pada prasiklus sebesar 17,24%, meningkat menjadi 44,83% pada siklus I, meningkat menjadi 86,21% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal cerita bangun datar dan ruang pada siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari II No. 179 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

 

×
Penulis Utama : Desi Yulanda Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114031
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Bangun Datar Dan Ruang Melalui Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Tunggulsari II No. 179 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114031-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.