Penulis Utama : Lucky Dwi Fitriani
NIM / NIP : K7115096
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pda materi penyajian data dengan menerapkan model Teams Games Tournament (TGT) . Model Teams Games Tournament (TGT) model yang menekankan kerjasama dan menggunakan permainan dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat melatih peserta didik menyelesaikan masalah. Kemampuan pemecahan maslah penting dikuasai di abad 21 guna menghadapi permasalahan pada kehidupan sehari-hari.  
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. PTK yang dilaksanakan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Mangkuyudan Surakarta tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 peserta didik. Penilaian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi dengan analisis data triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Anilisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles-Huberman.
    Hasil kemampuan menyelesaikan soal cerita penyajian data peserta didik kelas V sebelum pratindkan menunjukka sebesar 20% secara klasikal. Siklus I diawali dengan pertemuan 1 menghasilkan presentase sebesar 50% secara klasikal, pertemuan 2 sebesar 66,67% secara klasikal. Penelitian dilanjutkan siklus II dengan presentase ketercapaian pada pertemuan 1 sebesar 80% secara klasikal dan pertemuan 2 sebesar 88.67% secara klasikal. Tindakan yang dilaksanakan pada setiap siklus mengalami kenaikan presentase ketercapaian kemampuan menyelesaikan soal cerita penyajian data. Dengan demikian penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita penyajian data.
Kata Kunci: kemampuan menyelesaikan soal cerita, model Teams Games Tournament (TGT), penyajian data

 

×
Penulis Utama : Lucky Dwi Fitriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115096
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Penyajian Data Melalui Model Teams Games Tournament (TGT) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V SDN Mangkuyudan Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115096-2019
Kata Kunci : kemampuan menyelesaikan soal cerita, model Teams Games Tournament (TGT), penyajian data
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hadi Mulyono, M.Pd.,
2. Hadiyah, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : lamp - unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.