Penulis Utama : Nadia Listianingrum
NIM / NIP : S831602019
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan, kualitas, efektifitas Perangkat Pembelajaran IPA menggunakan Model Inkuiri Berbasis Literasi Sains untuk Memberdayakan Ketrampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik di kelas VII-C SMP Negeri 2 Purwokerto semester ganjil tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian   pengembangan   perangkat   pembelajaran   ini   menggunakan prosedur menggunakan model 4D (four-D) oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap  define,  design,  dan develop. Pada tahap penyebaran  (disseminate) tidak dilakukan  karena  tujuan  penelitian  hanya  pada  tahap  pengembangan  produk berupa perangkat pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis literasi sains. Karakteristik perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan terletak pada integrasi tahapan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis literasi sains dan kajian materi yang terbatas pada bab klasifikasi   makhluk   hidup.   Analisis   data   adalah   deskriptif   kualitatif   dan kuantitatif. Analisis kualitas perangkat pembelajaran menggunakan kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan skor kriteria. Analisis efektifitas perangkat pembelajaran perangkat Pembelajaran menggunkan uji t-paired.
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  pengembangan produk perangkat pembelajaran dilakukan tahapan model 4D, meliputi  analisis kebutuhan yang dilakukan dengan studi literatur dan studi lapangan, perancangan hingga dihasilkan draft produk awal atau draft I, selanjutnya produk I di validasi oleh 2 ahli dosen biologi UNS dan dilakukan revisi sesuai saran dari para ahli untuk menghasilkan produk II. Setelah diperoleh produk II dilakukan uji coba terbatas untuk mengetahui keterbacaan dari instrumen dan uji prasyarat soal, hasil dari uji ini digunakan untuk revisi sehingga diperoleh produk III untuk dilakukan diujicobakan ke kelompok luas (uji coba lapangan) kepada 34 peserta didik kelas VII C SMP Negeri 2 Purwokerto. Hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran mendapat penilaian dengan kategori “sangat baik” sehingga layak digunakan  pada  proses  pembelajaran.  Produk  perangkat  pembelajaran  efektif untuk memberdayakan ketrampilan proses sains saat diterapkan.

Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, IPA Terpadu, Inkuiri Terbimbing, Literasi
Sains, Ketrampilan Proses Sains

×
Penulis Utama : Nadia Listianingrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831602019
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA-Biologi Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik (Pembelajaran IPA KD. 3.2 Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Semester I di SMP Negeri 2 Purwokerto Tahun Pelajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains/Pendidikan IPA-S831602019-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Maridi, M.Pd.
2. Dr. Nonoh Siti Aminah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.