Penulis Utama : Agus Maulana
NIM / NIP : C1013003
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kategori ism penyerta “kata kerabat” dalam idiom bahasa Arab dan makna idiom tersebut. Sumber data penelitian ini adalah kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia edisi Kedua (1997). Penelitian ini dibagi dalam  tiga tahapan. Pertama, tahap penyediaan data dengan menggunakan metode simak dengan teknik catat. Kedua, tahap analisis data menggunakan metode agih dengan teknik bagi unsur langsung. Ketiga, tahap penyajian hasil analisis data dengan menggunakan metode formal.
Hasil penelitian menunjukan ada 150 ism yang menyertai idiom berunsur pokok “kata kerabat” . Ism tersebut terbagi atas 27 ism musytaq,  117 ism ja>mid, 5 ism ‘alam, dan 1 ism ‘adad. Makna idiom terbagi atas enam belas kelompok makna, yaitu: hewan,  tumbuhan, jamur, manusia,  benda, bencana alam, astronomi,  massa, kitab suci, panas, keadaan lingkungan, bunyi, iblis, jalan, sungai, dan ism ‘alam.

Kata Kunci: Idiom, Kata Kerabat, Ism, Makna, Kamus.

 

×
Penulis Utama : Agus Maulana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1013003
Tahun : 2018
Judul : Idiom Berunsur Pokok “Kata Kerabat” dalam Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Edisi Kedua (1997) (Analisis Morfosemantik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Arab-C1013003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Ridwan, S.S., M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.