Penulis Utama : Fela Novika Hidayati
NIM / NIP : K1218029
×

ABSTRAK

 

Fela Novika Hidayati. NIM K1218029. Analisis Semiotika Ungkapan Idiomatik dalam Rubrik Opini Suara Merdeka Online dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Artikel Opini di SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) bentuk-bentuk ungkapan idiom pada rubrik opini Suara Merdeka online; (2) bagaimana makna ungkapan idiom pada rubrik opini Suara Merdeka online; (3) bagaimana pemanfaatan ungkapan idiom pada rubrik opini Suara Merdeka online sebagai bahan ajar modul teks artikel opini di SMA.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa artikel pada rubrik opini Suara Merdeka online dan informan guru bahasa Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dokumen dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori. Analisis data menggunakan flow model of analysis (teknik analisis data mengalir).

Hasil penelitian yang ditemukan sebagai berikut: (1) bentuk idiom dalam rubrik opini berjumlah 362, yaitu bentuk idiom berdasarkan kata pembentuknya, terdiri dari idiom dengan nama bagian tubuh berjumlah 16 frasa, idiom dengan respon panca indera berjumlah 8 frasa, idiom dengan nama warna berjumlah 9 frasa, idiom dengan nama benda alam berjumlah 23 frasa, idiom dengan nama binatang tidak ditemukan oleh peneliti, idiom dengan nama bagian tumbuh-tumbuhan berjumlah 1 frasa, dan idiom dengan nama bilangan berjumlah 9 frasa. Sementara itu, idiom berdasarkan makna pembentuknya, yaitu idiom penuh berjumlah 47 frasa dan idiom sebagian berjumlah 249 frasa; (2) ditemukan makna ungkapan idiom dari bentuk-bentuk ungkapan idiom yang sudah ditemukan, makna yang diperoleh berjumlah 362 makna; (3) hasil analisis bentuk dan makna ungkapan idiom dalam rubrik opini dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar berupa modul di SMA.

 

 

×
Penulis Utama : Fela Novika Hidayati
Penulis Tambahan : 1. Fela Novika Hidayati
NIM / NIP : K1218029
Tahun : 2022
Judul : ANALISIS SEMIOTIKA UNGKAPAN IDIOMATIK DALAM RUBRIK OPINI SUARA MERDEKA ONLINE DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR ARTIKEL OPINI DI SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: Semiotika, bentuk idiom, makna idiom, rubrik opini, Suara Merdeka
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
2. Drs. Slamet Mulyono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.