Penulis Utama : Ibnu Rois
NIM / NIP : A131508009
×

Abstrak

Limbah cair domestik dari instalasi pengolahan air limbah tidak dilakukan desinfeksi. Limbah cair ini mengandung ekskreta, sehingga terdapat bakteri Coliform dan Escherichia Coli yang dapat mencemari lingkungan dan sumber air bersih yang digunakan masyarakat. Teknologi sederhana untuk mengurangi pencemaran bakteri Coliform dan E.coli dilakukan dengan adsorben Alofan dan biji  kelor. Alofan merupakan bagian dari mineral  amorf Andisols yang dapat mengalami peningkatan pH setelah bereaksi (menyerap) asam  humat  maupun asam silikat. Biji kelor memiliki senyawa 4-(α-L-Rhamnosyloxy) benzyl isothiocyanate dan  4-(4?-O-acetyl-α-L-rhamnosyloxy)-benzyl isothiocyanate yang merupakan bahan aktif anti bakteri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari bahan adsorben alam yang dapat digunakan untuk menurunkan bakteri Coliform dan Escherichia coli. Pemeriksaan bakteri Coliform dan Escherichiacoli dilakukan dengan metode most probable number (MPN/100 ml). Karakteristik alofan dilakukan dengan metode analisis NaF, FT-IR dan XRD.
Adsorpsi dengan media alofan dan kelor efektif dalam pengurangan Coliform dan Escherichia coli pada limbah cair domestik daerah wisata Sukunan Banyuraden Gamping Sleman. Bakteri Coliform pada adsorben alofan 100% mengalami pengurangan sebanyak 60,91% dan pada adsorben biji kelor 100% mengalami pengurangan sebanyak 77,27%.   Bakteri   Escherichia coli pada adsorben alofan 100% mengalami pengurangan sebanyak 43,96% dan pada adsorben biji kelor 100% mengalami pengurangan sebanyak 70,55%. Berdasarkan hasil ini maka untuk menurunkan bakteri Coliform dan E. coli pada limbah cair domestik dapat menggunakan adsorben alofan dan biji kelor.

Kata kunci : adsorben, alofan, kelor, Coliform, Escherichia coli

×
Penulis Utama : Ibnu Rois
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A131508009
Tahun : 2018
Judul : Uji Efektivitas Adsorben Alofan dan Kelor (Moringa Oleifera Lam) Dalam Pengurangan Coliform dan Escherichiacoli Limbah Cair Domestik Daerah Wisata Sukunan Banyuraden Gamping Sleman
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Lingkungan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Lingkungan-A131508009-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Pranoto, M.Sc.
2. Prof. Dr. Sunarto, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.