Penulis Utama : Imanuel Panji Pamungkas
NIM / NIP : D1216024
×

Di era digital ini, sebagian besar bisnis menggunakan media sosial untuk meningkatkan hubungan mereka dengan konsumen. Media sosial memberikan cara baru berbisnis dan berkomunikasi dalam teknik komunikasi antar personal dengan pelanggan. Salah satu pemanfaatannya, antara lain pada bidang promosi penjualan (marketing  promotion).  Banyaknya  pilihan  media  promosi  membuat  persaingan usaha semakin ketat, salah satunya adalah media sosial Instagram. Hal ini dimanfaatkan oleh pengusaha baru (newcomer) untuk mempromosikan produk atau jualan mereka.

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  menjelaskan  pemanfaatan  media sosial Instagram sebagai media periklanan UMKM di Beteng Trade Center (BTC) Solo untuk meningkatkan penjualan produk baju yang mereka jual.

Metode penelitian menggunakan metode studi kasus deskriptif kualitatif dan menggunakan  teknik  wawancara  dalam  memperoleh  data.  Dalam  penelitian  ini teknik pengambilan sample dengan purposive sampling berjumlah 10 orang responden, dengan pertimbangan responden tersebut aktif menggunakan Instagram dalam penjualan mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial  Instagram yang digunakan oleh UMKM di Beteng Trade Center (BTC) Solo sangat efektif dikarenakan  mudah  dan  cepat  dalam  mengiklankan  produk  yang  mereka  jual. Melihat dampak positif dari penggunaan Instragram, diharapkan para pedagang lain di Beteng Trade Center (BTC) Solo untuk lebih memanfaatkan media sosial tersebut.

×
Penulis Utama : Imanuel Panji Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1216024
Tahun : 2018
Judul : Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Periklanan UMKM dalam Menghadapi Era Globalisasi (Studi Kasus di Beteng Trade Center Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1216024-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Pawito, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.