Penulis Utama : Hening Asti Rahayu
NIM / NIP : K3311027
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) keterampilan generik sains siswa menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA 4 SMA N 5 Surakarta; (2) prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Sumber data yang digunakan adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara tes, angket, observasi, kajian dokumen dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengaplikasian model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dapat meningkatkan: (1) keterampilan generik sains pada materi larutan penyangga. Hal tersebut terlihat pada kenaikan prasiklus sebesar 39% menjadi 71% pada siklus I dan 87% pada siklus II. (2) Prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga (aspek pengetahuan 29% pada siklus I dan meningkat menjadi 77% pada siklus II, aspek sikap ketercapaian siswa yaitu 100% dimana 29% pada kategori Baik dan 71% pada kategori  Sangat  Baik,  sedangkan  pada  aspek  keterampilan  juga  telah  mencapai ketercapaian maksimum yaitu 100%).

×
Penulis Utama : Hening Asti Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3311027
Tahun : 2018
Judul : Pengaplikasian Model Pembelajaran Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA SMA N 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2017 / 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kimia-K3311027-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ashadi
2. Dr. Suryadi Budi Utomo, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.