Penulis Utama : Asmarsha Qathrinada
NIM / NIP : E0014049
×

Abstrak

Asmarsha Qathrinada. E0014049. 2018. PEMBERIAN KOMPENSASI SEBAGAI BENTUK TANGGUNG JAWAB PIHAK MASKAPAI PENERBANGAN KEPADA PENUMPANG DALAM KETERLAMBATAN PENERBANGAN DI INDONESIA.

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana perlindungan hukum yang diberikan kepada penumpang dalam kegiatan angkutan udara komersial di Indonesia, khususnya mengenai tanggung jawab maskapai penerbangan terhadap penumpang serta apa kompensasi yang diberikan apabila terjadi penundaan penerbangan karena kelalaian pihak pengangkut.

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian normatif, yaitu dikaji berdasarkan aturan dan norma-norma hukum yang berlaku. Bersifat preskriptif, dengan penerapan berdasarkan teori yang melandasi tanpa menyimpangi teori tersebut. Pendekatan penelitian berupa pendekatan undang-undang dengan menelaah regulasi yang besangkutan dengan isu yang penulis angkat dalam penulisan  ini.  Sumber  penelitian  berasal  dari  bahan  hukum  primer  yaitu perundang-undangan,  bahan  sekunder  dari  kepustakaan  hukum,  serta  bahan hukum tersier atau non-hukum. Pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan studi kepustakaan, dan menganalisis dengan pola penalaran deduktif.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengaturan mengenai kompensasi  yang  diberikan  oleh  maskapai  penerbangan  terhadap  penumpang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015 dimana kompensasi tersebut dibagi menjadi enam kategori berdasarkan lama waktu keterlambatan penerbangan.

Kata kunci: kompensasi; keterlambatan penerbangan; perjanjian angkutan udara.

 

×
Penulis Utama : Asmarsha Qathrinada
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014049
Tahun : 2018
Judul : Pemberian Kompensasi Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Pihak Maskapai Penerbangan Kepada Penumpang dalam Keterlambatan Penerbangan di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS_F Hukum-Prog.Ilmu Hukum-E0014049-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pranoto, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.