Penulis Utama : Kevin Ananditya Kusuma Putra
NIM / NIP : F0214067
×

Implementasi TQM dalam dunia pendidikan (Perguruan Tinggi) belum banyak dilakukan, terbukti dengan masih banyaknya Program Studi pada Perguruan Tinggi di Surakarta yang masih terakreditasi B dan C. Penelitian ini memfokuskan pada keterlibatan dosen, dalam proses perbaikan berkesinambungan guna meningkatkan kinerja Program Studi. Dimana peningkatan kinerja Program Studi akan berdampak pada hasil akreditasi Program Studi. Penelitian ini terdiri dari lima variabel, yaitu : Keterlibatan Dosen, Inovasi Proses, Kedisiplinan Bekerja, Perbaikan Berkesinambungan, serta Kinerja Program Studi.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Responden dalam penelitian ini adalah 100 Kepala Program Studi pada Perguruan Tinggi di Surakarta yang telah terakreditasi A dan B. Teknik sampling menggunakan teknik non probability dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner. Metode yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Pengujian yang dilakukan antara lain uji instrumen, uji model,dan uji hipotesis. Alat uji yang digunakan adalah SmartPLS 3.

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Keterlibatan dosen berpengaruh positif terhadap inovasi proses; 2) Keterlibatan dosen berpengaruh positif terhadap kedisiplinan bekerja; 3) Inovasi proses berpengaruh positif perbaikan berkesinambungan; 4) Keterlibatan dosen berpengaruh positif terhadap perbaikan berkesinambungan; 5) Kedisiplinan bekerja berpengaruh positif terhadap perbaikan berkesinambungan; 6) Kedisiplinan bekerja berpengaruh positif terhadap kinerja Program Studi; 7) Perbaikan berkesinambungan berpengaruh positif terhadap Kinerja Program Studi.

 

 

Kata Kunci: Total Quality Management, keterlibatan dosen, inovasi proses, kedisiplinan kerja, perbaikan berkesinambungan, kinerja, perguruan tinggi.

×
Penulis Utama : Kevin Ananditya Kusuma Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0214067
Tahun : 2018
Judul : Identifikasi Peran Keterlibatan Dosen, Inovasi Proses, Kedisiplinan Bekerja Dan Perbaikan Berkesinambungan Untuk Meningkatkan Kinerja Program Studi (Studi Pada Perguruan Tinggi Di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : Hadiah
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad Ikhwan Setiawan, S.E., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.