Penulis Utama : Desy Kurniawati
NIM / NIP : E0014090
×

ABSTRAK

 

Desy Kurniawati. E0014090. PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN LEPAS ATAS KESALAHAN PENERAPAN HUKUM JUDEX FACTI DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG DALAM PERKARA KORUPSI (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor :
1437 K/PID.SUS/2016) Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah  pertimbangan  Mahkamah Agung dalam memutus Kasasi penuntut umum dalam perkara korupsi telah sesuai dengan Pasal 197 ayat (1) huruf d KUHAP.
Metode  dalam  penulisan  skripsi  ini  menggunakan  jenis  penelitian   hukum normatif, atau dikenal sebagai penelitian hukum doctrinal. Sedangkan pendekatan penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kasus (case  approach)  dan  teknik  analisis  bahan  hukum  dengan  metode  silogisme melalui pola pikir deduktif.
Hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  Judex  Facti  keliru  dalam  cara mengadili dengan tidak melaksanakan menurut ketentuan undang-undang, yaitu dalam melakukan pemeriksaan dan mengadili perkara a quo dengan tidak didasarkan pada Surat Dakwaan Penuntut Umum. Bahwa Penuntut Umum tidak sependapat dengan Putusan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Jakarta yang telah memutus Terdakwa Pasal 46 Ayat (2) KUHAP, karena dalam menetapkan barang bukti tidak menyebutkan dengan tegas barang bukti dikembalikan kepada siapa, tanpa menyebut  identitas  yang dimaksud,  tetapi  Judex Facti  hanya menyebut barang bukti kembali kepada yang berhak. Pengertian yang berhak disini dapat menimbulkan kekaburan, ketidakjelasan dan bahkan kekacauan sebab ada kemungkinan banyak orang yang merasa berhak dan pertimbangan hukum Mahkamah Agung yang mengabulkan permohonan Kasasi Penuntut Umum telah sesuai dengan ketentuan Pasal 197 Ayat (1) huruf d KUHAP karena pertimbangan Mahkamah  Agung  sudah  disusun  secara  ringkas  mengenai  fakta-fakta  dan keadaan serta alat pembuktian yang diperoleh dari pemerikasaan disidang pengadilan.

Kata Kunci: Kasasi, Judex Facti, Mahkamah Agung, Korupsi

×
Penulis Utama : Desy Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014090
Tahun : 2018
Judul : Pengajuan Kasasi Penuntut Umum Terhadap Putusan Lepas atas Kesalahan Penerapan Hukum Judex Facti dan Pertimbangan Mahkamah Agung dalam Perkara Korupsi (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor : 1437 k/pid.sus/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Ilmu Hukum-E0014090-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bambang Santoso, S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.