Penulis Utama : Manyar Nawan Rastula
NIM / NIP : C0114041
×

Abstrak

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses terjadinya integrasi bahasa asing ke bahasa Jawa mengenai komponen sepeda motor di Kota Surakarta, dan (2)  bagaimana faktor penyebab terjadinya integrasi bahasa asing ke bahasa Jawa mengenai komponen sepeda motor di Kota Surakarta?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses terjadinya integrasi bahasa asing ke bahasa Jawa mengenai komponen sepeda motor di Kota Surakarta, dan (2) Mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya integrasi bahasa asing  ke  bahasa  Jawa  mengenai  komponen  sepeda  motor  di  Kota  Surakarta.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di wilayah Kota Surakarta. Data dalam penelitian ini adalah data lisan yang berupa kata, frase,  dan  integrasi  bahasa asing ke bahasa Jawa.  Sumber data penelitian  ini berasal dari informan. Kriteria informan adalah penutur asli bahasa Jawa di Kota Surakarta yang memiliki pengetahuan tentang istilah atau nama-nama komponen sepeda motor. Metode pengambilan data dilakukan dengan teknik simak libat cakap. Sedangkan metode analisis data dengan menggunakan metode padan dan metode distribusional.
Setelah dilakukan penelitian ini, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Proses terjadinya integrasi bahasa asing ke bahasa Jawa mengenai komponen sepeda motor di Kota Surakarta terdapat empat jenis proses integrasi, yaitu proses integrasi audial, proses integrasi visual, proses integrasi penerjemahan langsung, dan proses penerjemahan konsep. (2) Faktor penyebab terjadinya integrasi bahasa asing ke bahasa Jawa mengenai komponen sepeda motor di Kota Surakarta yaitu perbedaan dan persamaan sistem bahasa sumber dengan bahasa penyerapnya, faktor unsur serapan itu sendiri, dan Sikap bahasa pada penutur bahasa penyerapnya.


Kata Kunci : Integrasi Bahasa Asing Bahasa Jawa, Komponen Sepeda Motor, Surakarta, Sosiolinguistik

×
Penulis Utama : Manyar Nawan Rastula
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114041
Tahun : 2018
Judul : Kajian Integrasi Bahasa Asing Ke Bahasa Jawa mengenai Komponen Sepeda Motor di Kota Surakarta (Suatu Tinjauan Sosiolinguistik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya. Jur. Sastra Daerah-C0114041-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Dyah Padmaningsih. M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.