Penulis Utama : Muhammad Rizal Ismail
NIM / NIP : E0013288
×

ABSTRAK

Muhammad Rizal Ismail. E0013288. 2018. IMPLEMENTASI TARIF PROGRESIF TERHADAP RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR DI TEPI JALAN UMUM BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 5 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI DAERAH DI KOTA SURAKARTA. Fakultas Hukum Unversitas Sebelas Maret

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian proses implementasi tarif progresif terhadap retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum di Kota Surakarta berdasarkan Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Retribusi Daerah dari proses pelaksanaannya, hambatan yang dihadapi dan upaya yang diambil untuk menangani hambatan tersebut.
    Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris bersifat deskriptif. Data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primer bersumber langsung dari lapangan, yaitu data dari Dinas Perhubungan Kota Surakarta dan data dari jalan umum berdasarkan Zona parkir. Data sekunder diperoleh dari buku dan jurnal. Pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi dan wawancara. Data sekunder dilakukan melalui studi pustaka dan analisis isi dokumen, bahan hukum primer, dan bahan hukum sekunder. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa implementasi tarif progesif belum sesuai dengan peraturan, dikarenakan dalam pelaksanaan belum memenuhi tujuan penegakan hukum dari aspek keadilan dan aspek kepastian hukum. Dalam implementasinya di Kota Surakarta ini masih mengalami hambatan berupa: Pencatatan Tarif Progresif Yang Masih Manual Ke Dalam Karcis Parkir, petugas parkir tidak menaati aturan tarif progresif, kesadaran masyarakat pengguna jasa parkir terhadap aturan tarif progresif yang rendah. Upaya yang diambil berupa peluncuran parkir elektronik berbasis e-money, dan sosialisasi kepada petugas parkir dan masyarakat.

Kata Kunci : Implementasi, Tarif Progresif, Retribusi Parkir Di Tepi Jalan Umum Kota Surakarta.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Rizal Ismail
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013288
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Tarif Progresif terhadap Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Retribusi Daerah di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Prodi Ilmu Hukum-E0013288-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wasis Sugandha, S.H., M.H
2. Wida Astuti, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.