Penulis Utama : Bagus Burhannudin
NIM / NIP : R0015018
×

ABSTRAK
Latar Belakang : Derajat kesehatan tenaga kerja yang terjamin akan meningkatkan produktivitas kerja. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui gambaran kebisingan dan gangguan pendengaran pada operator Jumbo Drill serta upaya pengendalian yang telah dilakukan. 
Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan kebisingan dan gangguan pendengaran pada operator Jumbo Drill di Area Mine Operation B PT Antam Tbk. Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor, Bogor, Jawa Barat. Pengambilan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara, dan studi kepustakaan. 
Hasil : Dari hasil pengukuran menunjukkan kebisingan Jumbo Drill di Area Mine Operation B rata – rata 97,55 dB. Gangguan pendengaran yang dialami tenaga kerja antara lain gangguan pendengaran senorineural sebanyak 5 orang (25%) dan campuran sebanyak 6 orang (30%). Pengendalian kebisingan yang dilakukan oleh Perusahaan antara lain melalui pengendalian adsministratif, Praktek Kerja, dan Penyediaan Alat Pelindung Diri (APD). 
Simpulan : Kebisingan pada aktivitas Jumbo Drill di area Mine Operation B secara keseluruhan telah melebihi Nilai Ambang Batas yang telah ditentukan Permenakertrans RI Nomor 05 Tahun 2018 Tentang Keselamatan dan kesehatan Kerja Lingkungan Kerja. Operator Jumbo Drill di Area Mine Operation B mengalami 2 jenis gangguan pendengaran yaitu sensorineural dan campuran. PT Antam Tbk. UBPE Pongkor telah melakukan upaya pengendalian kebisingan di tempat kerja. 
Kata Kunci : Kebisingan, Gangguan Pendengaran

×
Penulis Utama : Bagus Burhannudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015018
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Kebisingan dan Gangguan Pendengaran pada Operator Jumbo Drill di Area Mine Operation B Pt Antam Tbk. Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor, Bogor, Jawa Barat
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Studi D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0015018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sumardiyono, SKM., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.