Penulis Utama : Ulfa Larasati
NIM / NIP : D1415036
×

ABSTRAK

NET. Biro Jawa Tengah adalah anak cabang dari NET TV yag ada di Jakarta. NET.Biro Jawa Tengah berkonsentrasi pada program news yang menyiarkan berita lokal maupun nasional. NET TV yang terkenal dengan slogan ‘Televisi Masa Kini’ terkenal dengan program-program yang dikemas dengan inovatif dan segar, tidak terkecuali dengan program news seperti yang ada di NET.Biro Jawa Tengah. Program – program yang ditayangkan tidak terlepas dari peran seorang production assistant yang membantu kinerja produser. Alasan itulah yang membuat penulis tertarik untuk melakukan Kuliah Kerja Media (KKM) di NET.Biro Jawa Tengah.
NET.Biro Jawa Tengah memiliki program unggulan yaitu NET Jawa Tengah.Sebuah program news yang menyiarkan berita nasional dan lokal.Tayang setiap hari pukul 05.00 WIB dengan durasi 60 menit. Selain berisi hardnews  dan softnews, NET Jawa Tengah juga memiliki segmen yang diproduksi secara mandiri oleh tim liputan NET. Biro Jawa Tengah.
Selama melakukan KKM di NET. Biro Jawa Tengah, penulis merasakan banyak manfaat. Sistem perputaran jadwal membuat penulis memiliki banyak pengalaman melakukan beberapa jobdesk. Tidak hanya sebagai production assistant, penulis juga pernah ditugaskan sebagai sosial media, editor dan juga timliputan. Penulis menerapkan ilmu yang didapat di universitas saat melakukan KKM disana.Penulis mendapat pengarahan dan kritik membangun dari pembimbing magang dan senior lainnya.
Penulis banyak mendapatkan ilmu baru dan pengalaman dunia kerja, terutama peran seorang production assistant.Production assistantberperan untuk membuat naskah lead dan teaser setiap berita, membantu kinerja editor dengan menyiapkan CG editor, membantu bagian sosial media dengan menyiapkan caption untuk sosial media dan membuatkan CG untuk instagram. Tidak hanya itu, production assistant juga berperan dalam proses taping. Saran yang diberikan untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret yaitu untuk mempermudah kegiatan belajar mahasiswa baik dalam administrasi maupun praktik.Dan untuk NET.Biro Jawa Tengah lebih meningkatkan manajemen terkait peserta magang.

Kata kunci : peran, production assistant, NET Jawa Tengah, televisi

×
Penulis Utama : Ulfa Larasati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1415036
Tahun : 2018
Judul : Peran Production Assistant dalam Program NET Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Komunikasi Terapan-D1415036-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lipuring Tyas Wiji A.,S,Sos, M.I.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.