Penulis Utama : Agustian Kurniawan
NIM / NIP : B3215003
×

ABSTRAK

    
    Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang Pengembangan di Taman Pakujoyo Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan yang dipertanyakan dalam penelitian ini, yaitu Potensi apa saja yang ada di Taman Pakujoyo, Bagaimana Strategi Pengembangan Taman Pakujoyo dan Kendala serta bagaimana solusi yang digunakan untuk menghadapi kendala tersebut.
Teknik pengumpulan data dalam penulisan laporan ini berupa  observasi dengan meninjau langsung Taman Pakujoyo. Wawancara kepada pengelola Taman Pakujoyo yaitu Dinas Perumahan dan Pemukiman unit Pertamanan dan Pemakaman, Kepala Kelurahan Gayam dan para wisatawan atau warga sekitar yang terlibat di Taman Pakujoyo untuk memperoleh data. Metode Pustaka untuk mendapatkan data dari buku di perpustakaan dan Lab Tour D3 Usaha Perjalanan Wisata.
    Hasil dari penelitian ini adalah Taman Pakujoyo memiliki potensi dan atraksi seperti Taman lalu lintas, memancing, wahana bermain dan taman bermain anak. Dalam pengembangannya Taman Pakujoyo menggunakan strategi yang menarik agar dapat menambah minat wisatawan  seperti membuat Wedangan pinggir telaga, membuat bus tingkat, membuat waterpark dan membuat miniatur taman lalu lintas. Kendala yang dihadapi kurang kesadarannya masyarakat/wisatawan akan pentingnya kebersihan dan kurangnya pemanfaatan lahan ada pun solusi pada kendala tersebut dengan cara mensosialisasikan pentingnya kebersihan lingkungan dan mempunyai inovasi-inovasi baru untuk mengembangkan Taman Pakujoyo.
    Kesimpulan dari penelitian ini adalah Taman Pakujoyo akan menjadi destinasi wisata yang diminati oleh wisatawan sebagai tempat wisata edukasi dan berekreasi di Sukoharjo. Agar jumlah wisatawan terus meningkat maka perlu diadakannya strategi pengembangan pada Taman Pakujoyo dan cara mengatasi kendala-kendala yang ada pada Taman Pakujoyo.

Kata kunci: Pengembangan, Taman wisata, Wisata edukasi

 

×
Penulis Utama : Agustian Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215003
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Taman Pakujoyo Sukoharjo Sebagai Wisata Edukasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ilmu Budaya, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3215003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M.Pd.
2. Insiwi Febriary Setiasih, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.