Penulis Utama : Aminatus Sholikha
NIM / NIP : F3415005
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), bagaimanakah tingkat kontribusi serta efektivitas PPB-P2 dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah, faktor-faktor yang mempengaruhi dalam optimalisasi penerimaan PPB-P2 serta usaha-usaha yang dilakukan Badan Keuangan Daerah Kabupaten Sukoharjo dalam mengoptimalkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Sukoharjo.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan Pajak Bumi  dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) selama tahun 2012-2016 selalu melebihi target serta tingkat efektivitasnya sudah sangat efektif dengan capaian angka diatas 100%. Namun untuk tingkat kontribusi penerimaan PBB-P2 di kabupaten Sukoharjo belum mencapai target yang diharapkan. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya proses pemungutan dan pengawasan yang masih sangat kurang dilakukan. Dalam hal ini penulis memberikan saran kepada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Sukoharjo dalam upaya optimalisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah yaitu dengan penyempurnaan proses pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan melalui penyuluhan. Perlu adanya kuantitas sarana dan prasarana terutama untuk petugas pemungut Pajak Bumi dan Bangunan
Kata kunci: Optimalisasi, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2)

 

×
Penulis Utama : Aminatus Sholikha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3415005
Tahun : 2018
Judul : Optimalisasi Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBB-P2) Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Sukoharjo (Tahun 2012-2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Program DIII Jurusan Perpajakan-F3415072-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arum Kusumaningdyah Adiati, S.E., M.M., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.